3 Inspirasi Usaha di Desa Yang Menjanjikan

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa hidup di perkotaan lebih ideal dibandingkan di pedesaan, termasuk untuk mencari nafkah. Pemikiran seperti ini tidak seharusnya dibiarkan mendarah daging di telinga orang Indonesia, karena bekerja di kota bukan berarti lebih baik daripada di desa. Orang-orang di pedesaan tidak perlu repot-repot untuk bekerja di kota, cukup membangun usaha di desa, Anda akan bisa sukses seperti para pengusaha di kota. Berikut ini beberapa usaha yang bisa Anda rintis di desa. Yuk, simak inspirasinya!

Beternak

Bila Anda memiliki lahan yang luas di belakang rumah, mungkin Anda bisa memilih usaha ini sebagai bidang bisnis Anda. Jika modal bisnis Anda mencukupi, mungkin bisa memilih untuk beternak sapi atau kambing. Namun, bila modal bisnisnya tidak begitu banyak, Anda bisa memilih untuk beternak ayam kampung. Pasalnya, di perkotaan banyak rumah makan yang membutuhkan stock ayam kampung, sementara peternak ayam kampung di perkotaan masih sangat jarang. Sehingga ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk membuat usaha di desa. Selain itu, telur ayam kampung juga banyak peminatnya. Selain untuk dikonsumsi sebagai lauk, telur ini juga dijadikan bahan campuran jamu.

Agrobisnis

Di pedesaan, tentu saja masih memiliki banyak lahan kosong yang bisa digarap menjadi kebun atau sawah. Anda bisa memanfaatkan tanah tersebut untuk membangun usaha di desa. Mungkin Anda bisa menanam berbagai pohon sayuran dan buah yang hasilnya akan dipasarkan ke kota-kota besar. Atau Anda bisa membudidayakan beragam tanaman yang banyak diminati oleh masyarakat seperti anggrek atau tanaman bunga lainnya.

Bimbingan belajar

Jika Anda tinggal di perkotaan besar, mungkin tidak sulit untuk menemui beragam bimbingan belajar di mana-mana. Tetapi, jika Anda tinggal di pedesaan atau kota kecil, rasanya sedikit sulit untuk menemukan jasa pengajaran ini. Oleh karena itu, Anda bisa membangun usaha di desa dalam bidang ini. Selain itu, Anda akan membantu para guru di desa untuk menemukan pekerjaan sampingan lain sebagai tambahan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *