3 Manfaat Gotong Royong Bagi Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai rakyat yang gemar melakukan gotong rotong, baik dalam kehidupan sehari-hari atau dalam kegiatan lainnya. Tetapi, di zaman yang serba modern ini membuat nilai-nilai gotong royong menjadi pudar dan cenderung hilang. Orang-orang cenderung memikirkan kebutuhan mereka sendiri tanpa mempedulikan orang lain. Padahal, banyak sekali manfaat gotong royong yang bisa dirasakan jika manusia saling bahu-membahu. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat gotong royong.

Menumbuhkan rasa sosial

Kegiatan gotong royong bisa terjadi jika masyarakat memiliki rasa sosial yang tinggi. Untuk itu, sepertinya masyarakat Indonesia harus mulai kembali untuk melatih kepekaan terhadap nilai sosial. Caranya, Anda bisa menjadi relawan benca alam, relewan pengumpulan dana, atau membenahi infrastruktur rusak di sekitar rumah.

Selain menumbuhkan rasa sosial antar sesama, manfaat gotong royong lainnya adalah meningkatkan rasa solidaritas antar sesama. Hal ini disebabkan saat Anda melihat orang lain menanggung beban terlalu berat, Anda akan tergerak dan sukarela membantu mereka. Sehingga, apa pun yang sedang dikejakan akan lebih ringan dan selesai dengan cepat.

Membangun persatuan

Melakukan aksi gotong royong apda setiap kesempatan mampu mempererat dan memupuk rasa persatuan antar masyarakat, karena cikal bakal persatuan adalah adanya kerja sama. Sebenarnya, aksi gotong royong telah Anda lakukan sehari0hari, apa lagi jika Anda telah bekerja. Tanpa adanya kerja sama dan persatuan di kantor, tidak mungkin perusahaan akan mencapai kesuksesan. Bisa-bisa perusahaan tempat Anda bekerja menjadi bangkrut karena adanya perpecahan.

Membuat pekerjaan lebih ringan

Pernah mendengar istilah “dua orang lebih baik daripada sendiri” atau “bekerja bersama akan lebih mudah”? nyatanya, pernyataan itu sangat benar adanya. Sebagai contohnya adalah saat Anda akan mengadakan sebuah pesta. Jika Anda mempersiapkan sendirian, maka Anda akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan persiapan tersebut, mulai dari venue, makanan, minuman, undangan, dan berbagai macam laiinya. Tetapi, jika Anda membagi pekerja tersebut kepada orang lain, dalam arti membentuk tim, maka pekerjaan sebanyak itu akan selesai dalam waktu yang bersamaan. Ini lah manfaat gotong royong yang sangat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *