3 Negara Dengan Perekonomian Terbaik di Dunia

perekonomian terbaikPertumbuhan ekonomi sangat dibutuhkan oleh setiap negara. Hal ini karena tingkat kesejahteraan dan kemampuan sebuah negara bisa dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, tidak heran jika setiap negera bersaing untuk mendorong angka pertumbuhan ekonomi negaranya demi jadi yang terbaik. Dari ratusan negara, ada beberapa negara dengan predikat sebagai perekonomian terbaik. Negara mana saja yang mendapat predikat sebagai perekonomian terbaik tersebut? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

1. Amerika Serikat

Tidak diragukan lagi jika Amerika Serikat menyandang predikat sebagai negara yang memiliki perekonomian terbaik. Sebagai negara adi daya tentu saja bukan suatu hal yang mengherankan, kan? Bahkan, Amerika menjadi panutan negara lain dari berbagai aspek, bukan hanya sebatas perekonomian saja. Perkonomian negara ini mencapai USD 10,42 triliun atau setara dengan 25 persen dari dari total produk dunia bruto. Meski pencapainnya luar biasa, Amerika Serikat bukan lagi negara ekonomi nomor satu, karena posisinya berhasil direbut oleh China yang memiliki GDP senilai US$23,19 triliun.

2. China

Dahulu, China menganut ekonomi tertutup selama bertahun-tahun lamanya. Kini, China yang penduduknya terpadat berhasil mengubah citra perekonomiannya menjadi negara pusat manufaktur dan ekspor. Keputusan ini membuat perkonomian China meningkat hingga 10 persen dan memberikan efek reformasi besar pada pasar asia. Bahkan, China berhasil mengangkat separuh penduduknya untuk keluar dari kemiskinan. Tidak salah jika China masuk ke dalam daftar negara yang perekonomiannya terbaik.

3. Jerman

Jerman merupakan salah satu negara terkuat di benua Eropa dari segi ekonominya. Negara ini dikenal sebagai pengekspor mesin, kendaraan, peralatan rumah tangga, hingga bahan kimia. Kesuksesan ini pun didukung oleh para pekerja yang terampil dan memiliki keahlian. Mengukur dengan skala dunia, saat ini Jerman berada di peringkat keempat dalam produk domestik bruto (PDB) secara nominal. Bahkan, nominal PDB Jerman mencapai USD 3,42 triliun. Sehingga, tidak mengherankan jika Jerman masuk ke dalam katergori negara dengan ekonomi terbaik di dunia.

Demikianlah beberapa negara yang memiliki perekonomian terbaik. Sebenarnya, untuk meningkatkan perekonomian negara, bukan hanya pemerintah yang berperan, namun warga negara juga harus membantu pemerintah. Caranya, dengan meningkatkan Pendidikan dan kemampuan para tenaga kerja. Dengan begitu, Indonesia akan siap bersaing dengan negera lain untuk menduduki posisi yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *