3 Usaha Menjanjikan Untuk di Pedesaan

Dari sekian banyak penduduk Indonesia, pasti banyak yang berpikir bahwa bisnis hanya akan sukses bila dilakukan di daerah perkotaan, sayangnya pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Hal ini disebabkan karena ada beberapa usaha menjanjikan yang bisa Anda bangun di pedesaan. Bahkan, jika Anda mengelolanya dengan baik, maka hasilnya akan lebih daripada yang sama di perkotaan. Bila Anda tertarik untuk mengetahui usaha menjanjikan apa saja yang cocok untuk pedesaan, ada baiknya Anda menyimak artikel berikut ini hingga selesai.

Usaha bidang hidroponik

Jumlah ketersediaan lahan kosong semakin lama akan semakin berkurang baik di pedesaan atau pun di perkotaan. Hal ini terjadi karena seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia. Oleh sebab itu, para pelaku agro bisnis harus memutar otak agar bisa menjaga bisnisnya untuk tidak bangkrut, salah satunya adalah dengan mengubah cara tanam sayuran dan buah dengan teknik hidroponik. Meskipun di desa biasanya masih memiliki lahan tanam yang luas, bertani sayuran dengan sistem ini justru memberikan cara lain untuk memanfaatkan tanah agar lebih efektif. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa belajar langsung dari ahlinya atau mencari berbagai infformasi melalui buku, majalah, hingga melalui situs internet. Dengan begitu, usaha menjanjikan ini akan sukses Anda jalankan.

Ternak ayam kampung

Beternak memang menjadi salah satu usaha menjanjikan yang identik dengan daerah pedesaan, terutama para peternak ayam kampung. Menurut beberapa sumber, pada tahun 2015-2016 kebutuhan manusia akan daging dan telur ayam kampung mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. sementara , para peternak hanya bisa memenuhi kebutuhan pasar sebanyak 25%-30%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa usaha ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa Anda bangun saat ini.

Usaha kerajinan tangan

Menurut sebuah sumber, ekspor kerajinan tangan dari Indonesia mengalami peningkatan sebesar 1,35% dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu tahun 2016. Sayangnya, para pengusaha kerajinan Indonesia baru mampu memenuhinya seperempatnya saja. Oleh karena itu, Anda bisa membangun usaha menjanjikan ini di desa Anda. Pasalnya, banyak sekali contoh kerajinan tangan khas pedesaan yang belum terlalu populer di Indonesia, padahal kualitas dan bentuknya sangat bangus. Nah, Anda bisa membantu para pengerajin ini dengan mendukung usaha menjanjikan mereka hingga bisa menembus pasar manca negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *