4 Cara Cermat Mengatur Keuangan Keluarga

mengatur keuangan keluargaSaat memasuki dunia pernikahan adalah momem yang sangat membahagiakan sekaligus saat yang sangat menantang. Bukanlah hal yang mudah mengatur keuangan  dengan tuntutan biaya perbulannya yang sangat banyak, seperti kebutuhan biaya makan, belanja, cicilan rumah, cicilan kendaraan, dan lain sebagainya. Tentunya sebagai istri dan ibu rumah tangga Anda harus cermat akan hal ini, terutama bagi yang suaminya mempunyai gaji yang pas-pasan. Tetapi jika Anda cermat, bisa gunakan beberapa cara berikut untuk mengatur keuangan keluarga!

1. Memahami Apa Saja Kebutuhan Keluarga

Pertama-tama coba pahami berbagai aspek dari keluarga Anda. Seperti berapa besar gaji suami, jumlah tagihan perbulannya yang harus dibayar tepat waktu, seperti tagihan listrik, cicilan rumah atau kendaraan, uang untuk belanja bulanan, dan biaya asuransi. Jumlahkan semua aspek ini untuk mengetahui berapa pengeluaran yang akan Anda keluarkan setiap bulan, jadi Anda bisa memperhitungkannyadari awal. Langkah awal mengatur keuangan keluarga ini adalah cara yang tepat supaya nantinya Anda tidak keliru dan repot mengurusi berbagai macam tagihan.

2. Perencanaan Keuangan

Setalah Anda sudah tahu apa saja aspek kebutuhan keluarga barulah bisa membuat perencanaan keuangan. Aturlah semua uang dari gaji suami untuk kebutuhan keluarga, seperti akan dipakai kemana saja uang tersebut dan berapa banyak uang yang bakal disimpan untuk tabungan setiap bulan. Jika membuat perencanaan, buatlah yang realistis dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan pengeluran. Jangan terlalu kikuk hingga tidak menyimpan dana untuk bersenang-senang dengan keluarga.

3. Menabung Bersama Keluarga

untuk mengatur keuangan keluarga lebih baik, cobalah ajarkan keluarga Anda terutama anak-anak untuk mulai menabung sedini mungkin. Bukan hanya menabung dari sisa uang bulanan yang diberikan suami saja tetapi uang jajan anak-anak juga bisa ditabung sedikit untuk kebutuhan yang tak terduga. Dengan adanya tabungan, tentunya keluarga merasa lebih aman dan stabil soal keuangan. Anak-anak juga diajarkan untuk tidak boros dan lebih hemat dalam pengeluaran.

4. Jangan Berhutang

Jangan pernah berhutang karena hanya akan membuat keuangan keluarga menjadi tidak stabil. Biasakan diri dan keluarga untuk tidak menggunakan kartu kredit ketika berberlanja, bawalah uang cash sesuai kebutuhan dan jangan menjadi orang yang konsumtif. Biasakan untuk menabung jika ingin membeli sesuatu alih-alih berhutang. Mengatur keuangan keluarga adalah hal yang mudah jika Anda bisa disiplin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *