4 Cara Mengontrol Pikiran Anda Dengan Mudah

berpikir positifSaat pikiran negatif muncul di dalam otak Anda, maka rasa takut, ragu, dan cemas juga ikut bergabung menghampiri Anda. pasalnya, hanya sepotong pikiran buruk maka akan memicu berbagai imajinasi lain yang akan dengan mudah memengaruhi Anda. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengontrol pikiran Anda dari hal-hal negatif. Mengontrol pikiran juga akan meningkatkan kualitas hidup Anda, lho! Berikut beberapa cara mengontrol pikiran yang mungkin bisa Anda coba sendiri.

Waspada dan Bersiaplah

Pikiran negatif memang bisa datang kepada siapa saja dan sulit untuk dihindari. Namun, Anda masih bisa mengontrol pikiran untuk menolaknya. Caranya, Anda bisa mengenali dulu pemicunya. Bila Anda sudah paham dan mengerti pemicu pikiran buruk di otak Anda, maka akan lebih mudah mengatasinya. Semakin Anda memotivasi diri sendiri dengan hal-hal positif, maka Anda akan lebih mudah mengendalikannya.

Suarakan Dengan Keras

Ketika Anda terjebak dalam hal negatif, dan merasa diri Anda jatuh ke dalam pikiran-pikiran buruk, hentikan hal tersebut dengan menyuarakannya. Dengan begitu, Anda bisa menyadarkan diri sendiri agar tidak larut dalam pikiran jelek. Mengontrol pikiran dengan cara ini juga berfungsi pada orang yang memiliki riwayat gejala panik atau panic disorder.

Rasa Takut Itu Tidak Masuk Akal

Apa Anda memiliki ketakutan akan sesuatu? Misalnya ketakutan akan ketinggian. Biasanya penderita ketakutan ini memiliki sugesti bahwa bila mereka ada di ketinggian maka mereka akan mudah untuk terjatuh. Padahal hal tersebut hanya sugesti dari pikiran mereka sendiri. Atau orang yang takut pada tekstur berlubang yang biasa disebut tryphobia. Mereka membayangkan bahwa lubang-lubang tersebut dapat muncul di tubuh mereka, padahal tersebut tidak mungkin terjadi. Di sinilah fungsi mengontrol pikiran Anda. Ketika Anda bisa mengontrolnya, maka ketakutan di atas tidak akan terjadi pada Anda dengan mudahnya.

Jangan Lupakan Realita

Imajinasi adalah kekuatan yang kuat ketika pikiran negatif menguasai hal itu. Anda akan mudah percaya dengan apa yang Anda pikirkan. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Cukup sadarkan diri Anda sendiri dan berusaha mengontrol pikiran sendiri bahwa semua yang ada dalam bayangan Anda tidaklah nyata. Dengan begitu, pikiran buruk tidak akan mudah memengaruhi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *