4 Kerupuk Unik Nusantara Yang Harus Anda Tahu

kerupuk unik nusantaraDari sekian banyak makanan unik yang dimiliki oleh Indonesia, ada satu item yang tidak bisa Anda temukan di negera lain, yaitu kerupuk. Sebagian masyarakat Indonesia merasa ada yang kurang ketika makan tidak ditemani oleh kerupuk. Makanan garing ini menjadi makanan pendamping yang wajib Anda di atas meja makan. Di sini akan dijabarkan beberapa kerupuk unik nusantara yang mungkin hanya bisa di temukan di sini. Yuk, simak informasinya.

1. Kerupuk Melarat

Kerupuk melarat sebenarnya memiliki beberapa jenis nama berbeda seperti kerupuk melarat, kerupuk miskin, kerupuk upil, hingga kerupuk damon. Nama ini bisa disematkan karena untuk menggorengnya harus menggunakan pasir, bukan minyak. Seperti yang diketahui bahwa minyak goreng termasuk sembako yang cukup mahal bagi orang-orang yang kekurangan, oleh sebab itu dibuatlah kerupuk yang tidak memerlukan minyak untuk menggorengnya, sehingga bisa disantap oleh siapa saja. Anda bisa menemukan kerupuk ini di mana-mana, mulai dari Bandung, Bogor, Cirebon, hingga di Jakarta sekalipun.

2. Kemplang

Indonesia merupakan satu dari sekian banyak negara maritim di dunia. Makanya tidak heran jika banyak kerupuk unik nusantara menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya, salah satunya adalah kemplang. Kerupuk yang satu ini menggunakan ikan tenggiri atau gabus sebagai bahan bakunya. Ketika Anda berkunjung ke daerah Palembang dan sekitarnya, Anda bisa dengan mudah menemukan camilan ini. Di kota asalnya sendiri, kerupuk kemplang ini tidak jarang dibuat dari adonan pempek yang telah didiamkan selama beberapa hari dikulkas hingga mengeras. Sehingga, daripada harus dibuang, mereka memanfaatkannya kembali sebagai adonan kerupuk kemplang.

3. Kerupuk Mie

Meski namanya kerupuk mie, bukan berarti kerupuk ini terbuat dari mie, lho. Kerupuk lezat ini bisa diberikan nama mie karena bentuk dan warnanya yang menyerupai mie. Warna kerupuk yang satu ini sebelum digoreng ialah kuning terang dengan pola yang mirip dengan mie kering, oleh sebab itu orang menyebutnya dengan sebutan kerupuk mie. Anda bisa menemukan kerupuk ini dengan mudah di pasar mana saja, khususnya yang berada di pulau Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *