4 Kota Kuliner Favorit di Indonesia

Saat berkunjung ke luar kota, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, mulai dari jalan-jalan keliling kota atau mencicipi kelezatan makanan khas daerah tersebut. Bagi Anda yang suka berwisata kuliner, nampaknya kota-kota di bawah ini cocok untuk Anda sambangi, karena banyak sekali jenis kuliner yang bisa Anda cicipi di sini. Yuk, simak kota mana saja yang menjadi masuk ke dalam daftar kota kuliner berikut ini.

Yogyakarta

Siapa yang tidak tahu Yogykarta, kota keraton yang menjadi daerah istimewa bagi Indonesia. Kota kuliner ini memiliki cita rasa makanan yang khas, yaitu rasa masakan yang gurih dan manis yang mendominasi. Dari sekian banyak ragam makanan yang bisa Anda cicipi, salah satu makanan yang paling terkenal adalah Gudeg dan aneka makanan yang dibuat menjadi bacem.

Selain kedua makanan tersebut, Yogyakarta juga memiliki makanan dan minuman lain yang tidak kalah lezat dan wajib Anda cicipi seperti sate Klathak, nasi pecel, bir jawa, kopi joss, hingga bakmi Jawa. Dari sekian banyak makanan tersebut, Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan selera Anda.

Bandung

Jika Yogyakarta terlalu jauh dari tempat tinggal Anda yang berada di Jakarta dan sekitarnya, mungkin Bandung bisa menjadi destinasi wisata kuliner alternatif Anda. Kota kuliner yang terletak di provinsi Jawa Barat ini memiliki beragam makanan seperti es Goyobod, Lotek, Peuyeum, dan Colenak. Meski lebih banyak makanan ringan yang menjadi andalan kot ini, hal tersebut tidak membuat Bandung kalah ramai dengan kota kuliner lainnya.

Selain mencicipi makanan khas Bandung secara langsung, Anda bisa membawakan buah tangan kepada teman dan keluarga lain di rumah. Salah satu oleh-oleh yang bisa Anda beli kota kuliner ini ialah Brownies Amanda, serabi, dan bahkan kue-kue selebritis yang sedang in di Bandung saat ini.

Malang

Bagi sebagian orang, saat mendengar kata “Malang” maka mereka akan mengaitkan kata tersebut dengan bakso. Bila Anda sangat menggemari makanan berbentuk bulat ini, maka berkunjung ke Malang adalah keputusan yang pas. Bakso di kota kuliner ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan bakso yang biasa Anda temui di kota lain. Selain disantap bersama kuah, kota kuliner ini meyediakan jeis pengolahan bakso lain yang tidak kalah nikmat, yaitu dengan cara dibakar.

Selain bakso, Malang juga terkenal dengan buah apelnya yang khas. Apel khas kota ini memiliki rasa yang manis dan segar. Anda bisa menyantapnya secara langsung atau membeli olahan lainnya yaitu dalam bentuk keripik, jenai, bahkan selai apel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *