4 Makanan Berkuah Khas Indonesia Terbaik

makanan berkuahIndonesia menjadi surganya untuk makanan enak. Mulai dari goreng, tumis, hingga yang berkuah. Bahkan, cita rasa masakannya sudah diakui lezat oleh orang-orang di seluruh dunia. Terlebih lagi pada makanan berkuah yang banyak dijual dengan berbagai macam inovasi saat ini. Dari sekian banyak makanan tradisional Indonesia yang berkuah, ada beberapa kudapan yang memang menjadi urutan teratas sebagai kuliner berkuah terbaik. Berikut informasinya untuk Anda.

1. Bakso

Siapa sih yang tidak tahu Bakso? Makanan berkuah bening dengan isi bola-bola daging, tahu, bihun, dan mie kuning ini paling nikmat dicicipi kala cuaca dingin atau hujan. Indonesia sendiri pun memiliki ragam bakso yang berbeda seperti bakso gepeng, bakso urat, bakso telur, bakso bakar, hingga bakso mercon. Anda bisa dengan mudah menemukan kudapan yang satu ini, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima pun menjual bakso khas Indonesia.

2. Soto

Soto berhasil menduduki posisi kedua sebagai makanan berkuah favorit khas nusantara. Di Indonesia sendiri, soto memiliki berbagai macam versi berbeda sepero soto Banjar, soto Lamongan, soto Betawi, hingga soto Madura. Selain namanya yang bermacam-macam, kuah kudapan ini pun dibagi menjadi dua jenis, yaitu kuah kuning bening atau bersantan. Untuk menyantapnya, jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis untuk menyegarkan rasa dari soto itu sendiri, ya.

3. Sop Buntut

Siapa yang belum pernah mencicipi sop buntut? Makanan berkuah berbahan dasar buntut sapi ini dimasak bersama dengan potongan wortel, tomat, daun seledri, dan juga daun bawang. Rasanya yang segar sekaligus gurih membuat siapa pun yang mencicipinya langsung jatuh cinta dan ingin terus menyantapnya. Makanan ini paling enak disantap bersama dengan sepiring nasi putih yang ditaburi dengan bawang goreng super renyah.

4. Rawon

Meski warna kuahnya hitam, rawon termasuk makanan berkuah terbaik dan menjadi favorit oleh masyarakat Indonesia. Makanan tradisional khas Indonesia yang berisikan potongan daging sapi dan juga tauge ini paling nikmat disantap bersama dengan nasi uduk hangat.. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan buah kluwek atau kepayang untuk membuat warnanya menjadi hitam pekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *