4 Olahan Daging Tradisional Indonesia

olahan daging tradisionalSejak zaman dahulu, daging menjadi salah satu bahan masakan utama oleh masyarakat Indonesia. Maka tidak jarang bila Indonesia memiliki banyak sekali makanan dari olahan daging tradisional tanah air. Namun, bagi masyarakat Indonesia, daging merupakan makanan yang cenderung mewah dan biasa disajikan pada acara-acara penting seperti hari raya atau pernikahan. Hal ini disebabkan dari harganya yang cukup mahal, terutama ketika mendekati lebaran. Meski begitu, makanan berbahan dasar daging tetap diminati oleh masyarakat Indonesia. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa kuliner khas Indonesia yang menggunakan daging sapi sebagai bahan masakannya.

1. Rendang

Olahan daging tradisional pertama adalah rendang. Makanan ini berasal dari tanah Minang, lebih tepatnya adalah daerah Padang. Proses memasak daging untuk menu ini bisa terbilang cukup lama dan membutuhkan waktu hingga berjam-jam. Anda harus memasak irisan daging, santan, dan bumbu rendang hingga warnanya menghitam dan kering. Tujuannya agar ketahanan dari kudapan tersebut lebih lama. Walau makanan ini populer terbuat dari daging sapi, sekarang sudah banyak varian lain seperti kerang, ikan gabus, belut, hingga itik. Jadi, Anda bisa menyesuaikan jenis rendang sesuai dengan selera Anda.

2. Semur

Berbeda dengan rendang yang memiliki cita rasa pedas, maka semur cenderung manis. Makanan satu ini menggunakan banyak kecap manis dan juga gula Jawa sebagai salah satu bumbu masaknya. Selain menggunakan daging, banyak orang yang juga memasukan potongan kentang, tahu, dan tempe ke dalam masakan ini. Untuk menyantap semur, Anda bisa menggunakan nasi putih, lontong, atau pun ketupat. Jangan lupa untuk menaburkan bawang goreng di atasnya, ya.

3. Empal

Empal bisa dibilang sebagai satu dari sekian banyak masakan yang paling mudah untuk dibuat. Kuliner khas tanah Sunda ini dibuat dengan cara mengiris-iris daging hingga tipis, lalu dipukul-pukul hingga gepeng. Selanjutnya, Anda tinggal menambahkan beragam bumbu seperti santan, asam Jawa, ketumbar, bawang merah, dan bawang putih. Rendam daging hingga bumbunya meresap. Bila Anda ingin menyantapnya, maka cukup goreng daging tersebut di dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *