4 Penyebab Melambatnya Perekonomian di Indonesia

melambatnya perekonomianSebagai salah satu negara berkembang di dunia, Indonesia kerap kali diserang dengan satu masalah yang sama, yaitu melambatnya perekonomian negara. Bila hal ini terjadi, maka beberapa sektor akan mengalami imbasnya. Jika Anda seorang pegawai sebuah perusahaan, mungkin tidak akan merasakan langsung dampak dari keadaan ini. Tetapi, para pelaku bisnis dan perdagangan akan merasakan dampaknya secara langsung. Melambatnya perekonomian suatu negara tidak akan terjadi begitu saja. Ada beberapa keadaanya yang menyebabkan masalah ini terjadi. Berikut empat faktor penyebab melambatnya perekonomian di Indonesia.

1. Populasi di Indonesia Semakin Meningkat

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pertumbungan penduduk Indonesia sangatlah cepat. Sayangnya, pertumbuhan yang cepat ini tidak diimbangi dengan ekspansi tempat tinggal. Keadaan ini membuat jumlah penduduk Indonesia semakin bertambah. Hal ini menyebabkan tunjangan pemerintah untuk negara pun semakin meningkat. Tentu saja ini akan mengakibatknya melambatnya perekonomian Indonesia.

2. Kurangnya Lapangan Pekerjaan Baru

Populasi yang terus meningkat juga berimbas pada jumlah lapangan pekerjaan untuk rakyat. Semakin banyaknya orang, maka akan semakin sedikit pula kesempatan bekerja yang ada. Perusahaanpun tidak sanggup langgi untuk menambah jumlah karyawan dan membuka peluang pekerjaan baru. Hasilnya, angka pengangguran akan meningkat secara drastis. Tentu saja keadaan ini akan membuat melambatnya pertumbuhan ekonom. Hal ini pun akan menyebabkan banyaknya perusahaan yang harus gulung tikar karena tidak mampu lagi memberikan biaya untuk bisnisnya. Sehingga, lapangan pekerjaan akan terus berkurang.

3. Tingkat Permintaan Masyarakat Yang Menurun

Saat melambatnya perekonomian terjadi, maka kehidupan masyarakat akan serba sulit. Anda bisa melakukan kilas balik pada tahun 1998. Keadaan serba sulit ini akan membuat tingkat permintaan masyarakat akan barang dan jasa ikut turun drastis. Dampaknya, omset perusahaan perdagangan akan menurun dan terancam bangkrut. Jika terjadi pailit, maka akan banyak efek domino yang akan dirasakan oleh masyarakat, khususnya para pekerja perusahaan itu sendiri.

Demikianlah beberapa penyebab melambatnya pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. sebenarnya, faktor satu dengan faktor lainnya mengalami keterkaitan. Jika faktor pertama terjadi, maka akan memunculkan penyebab-penyebab lainnya. Untuk itu, pemerintah harus bekerja keras untuk tetap membuat ekonomi negara stabil demi keberlangsungan hidup penduduk Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *