4 Prinsip Manajemen Keuangan Ini Wajib Anda Ketahui

manajemen keuangan_Apakah Anda pernah mendengar tentang manajemen keuangan sebelumnya? Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah mendengarnya tetapi tidak mengerti. Bagi Anda yang seorang pengusaha atau baru memulai usaha, penting bagi Anda mengetahui dan mengerti apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan. Garis besarnya adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan cara memperoleh dana modal kerja, cara mengalokasikan dan, dan mengelola aset perusahaan itulah yang disebut dengan manajemen. Perlu Anda ketahui tentang empat prinsip manajemen, Anda dapat perhatikan di bawah ini!

1. Akuntabilitas (Accountability)

Manajemen keuangan yang pertama adalah akuntabilitas yang mana adalah kewajiban moral atau hukum yang melekat pada seorang individu, kelompok atau perusahaan. Mereka mempunyai hubungan dengan dana, alat, wewenang yang diberikan kepada pihak ketiga. Dalam hal ini, Anda dan perusahaan yang dijalankan harus bisa menyebutkan dan mempertanggungjawabkan dari mana asal dana yang mengalir dan bagaimana dan digunakan dan dikelola.

2. Kelangsungan Hidup (Viability)

Untuk keberlangsungan perusahaan, keuangan harus tertap terjaga. Seperti pengeluaran organisasi dan operasional harus wajib sejalan atau disesuaikan dengan dana yang diterima. Kelangsungan hidup ataiu viability adalah ukuran tingkat sebuah keamanan dan keberlanjutan keuangan suatu organisasi atau perusahaan. Perusahaan dalam hal ini manajer harus mempunyai atau merencanakan keuangan yang menunjukan perusahaan dapat melakukan apa yang direncakan untuk memenuhi kebutuhan.

3. Transparansi (Transparency)

Prinsip manajemen keuangan yang harus dijalankan perusahaan selanjutnya adalah transparansi yang mana perusahaan harus terbuka tentang pekerjaan dan menyediakan informasi tentang rencana dan aktivitasnya kepada semua orang yang berkepentingan. Salah satu contohnya adalah menyiapkan laporan keuangan dengan tepat, lengkap dan akurat dan dapat diakses dengan mudah. Patut dicurigai jika perusaah tidak transparan karena bisa saja menyembunyikan sesuatu dari orang yang berkepentingan.

4. Konsistensi (Consistency)

Sistem manajemen keuangan ini adalah suatu kebijakan yang harus dilakukan secara terus menerus dari waktu ke waktu secara konsisten. Bukan berarti sistem keuangannya tidak bisa disesuaikan jika sewaktu-waktu terjadi perubahan tetapi patut dicurigai karena bisa saja terjadi manipulasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *