4 Trik Jitu Menyukseskan UKM Indonesia

Banyak yang tidak tahu bahwa UKM atau Usaha Kecil Menengah adalah salah satu penggerak eknomi Indonesia. Meski terbilang cukup kecil, UKM tidak bisa dipandang sebelah mata. ­­Bila jumlah usaha ini meningkat hingga ratusan, bahkan jutaan, tentu saja usaha ini akan sangat mempengaruhi roda perekonomian Indonesia. Bisa-bisa Indonesia berubah menjadi negara maju menyusul Jepang dan China.

           Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang tertarik untuk terjun ke bisnis ini. Masalahnya, asih banyak yang ragu dengan tingkat kesuksesan UKM. Untuk itu, singkirkan keraguan Anda dengan membaca trik menyukseskan UKM Indonesia berikut ini.

Memiliki Business Plan

Bagi para pebisnis pemula, mungki sering tidak mempedulikan untuk memiliki business plan. Padahal, salah satu cara untuk menyukseskan UKM adalah dengan memiliki rancangan bisnis yang jelas dan terstruktur. Dengan memiliki rancangan ini, akan lebih mudah mengatur dan menjalankan bisnis Anda dengan benar. Racangan bisnis yang di maksud di sini meliputi, misi dan visi bisnis, rancangan keuangan jangka panjang dan pendek, serta beragam pemasukan dan pengeluaran selama berbisnis. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengontrol semuanya.

Memiliki Standart Operating Procedure

Dalam dunia usaha dan perbisnisan, memiliki standart operating procedure adalah sebuah hal yang sangat penting. Pasalnya, SOP menjadi acuan dan petunjuk bagi semua pihak, termasuk karyawan dank lien, untuk turut andil dalam menjalankan UKM tersebut. Jadi, SOP ini berisi berbagai macam standar operasional, sehingga setiap karyawan bisa bekerja dengan baik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya, khususnya bagi tim produksi. Dengan memiliki ini, maka produksi usaha akan maksimal dan mampu menyukseskan UKM yang Anda miliki sekarang.  

Membangun Network

Untuk menyukseskan sebuah bisnis kunci utamanya adalah membangun networking dengan banyak orang.  Hal ini dikarenakan sebuah bisnis membutuhkan banyak pihak untuk menjalankannya, mulai dari supplier, distributor, hingga konsumen. Tanpa adanya mereka, bisnis Anda tidak akan berhasil dan hanya diam di tempat. Bila Anda memiliki network yang luas, maka sudah dapat dipastikan bahwa jalan Anda untuk menyukseskan UKM akan sangat lancar. Bahkan, saat Anda mengalami kesusahan, para rekan Anda tidak akan segan untuk membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *