5 Ide UKM Kreatif ini Terbukti Menghasilkan Uang

Memiliki usaha yang kreatif dan unik menjadi nilai plus tersendiri untuk Anda. Hal ini pun bisa menjadi kunci untuk menarik para pelanggan, karena semakin unik produk yang Anda miliki, maka akan semakin sulit bagi kompetitor untuk mengikuti inovasi yang Anda lakukan. Nah, artikel ini akan membahas beragam ide UKM kreatif yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda untuk berbisnis.

Bisnis rotan karakter

Peralatan rumah tangga yang terbuat dari rotan memang sudah banyak dijual, mulai dari kursi, meja, beragam wadah penyimpanan, bahkan hingga lemari. Namun, produk yang ytelah disebutkan tadi sudah banyak dijual oleh puluhan pengerajin rotan yang Anda di seluruh Indonesia. Tetapi, bagaimana jika Anda melakukan inovasi dengan membuat rotan karakter?  Ide bisnis ini sudah dilakukan oleh Cismi Ciwati. Ia membuat peralatan rumah tangga dari rotan dengan bentuk karater lucu seperti Hello Kitty, Winnie The Pooh, hingga boneka Teddy Bear. Dengan melakukan inovasi ini, tentu saja produk Anda akan beda dari pengerajin rotan lainnya, kan?

Cathering makanan duka cita

Cathering mungkin bukan bisnis yang asing di bidang kuliner, terutama untuk acara-acara seperti pernikahan, meeting, atau arisan. Tetapi, ada yang unik dari bisnis ini, ada seorang pengusaha cathering, David Storke, mengkhususkan bisnisnya untuk menyediakan makanan duka cita. Awalnya ia miris melihat puluhan bunga terbuang sia-sia saat keadaan berduka dan berpikir bahwa yang dibutuhkan orang yang sedang berduka adalah makanan, karena mereka yang berduka tidak mungkin sempat membuat makanan untuk para tamu. Oleh karena itu, David terinspirasi untuk membuat cathering ini. Meski untuk kedaan berduka, ide UKM kreatif milik David tidak dibuat sembarangan. Ia tetap memperhatikan rsa dan gizi yang terkandung di dalam masakannya.

Bisnis sayuran siap masak

Bagi Anda yang hobi memasak, tentu membersihkan dan memotong sayuran merupakan aktivitas yang cukup membuang waktu dan sedikit menyebalkan, bukan? Nah, dari masalah ini bisa muncul ide UKM kreatif yang unik, yaitu menjual sayuran siap masak. Jadi, sayuran yang dijual telah dibersihkan dan dipotong-potong, sehingga sudah sangat siap untuk dimasak. Ide bisnis ini memang sedikit aneh, karena tidak jarang ada orang yang beranggapan bahwa bisnis ini tidak terlalu beguna. Padahal, bisnis ini telah menguntungkan Wita Purbaningsih. Apakah Anda tertarik untuk bergelut di bisnis ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *