5 Kegiatan Olahraga Yang Bisa Dilakukan Saat Tua

kegiatan olahragaSebuah penelitian menemukan fakta bahwa hidup terlalu santai di usia tua justru akan meningkatkan resiko kematian akibat penyakit jantung. Selain itu, masa tua tanpa aktivitas fisik menyebabkan fungsi otot di beberapa bagian tubuh akan melemah. Untuk itu, hindari hal-hal yang akan memperburuk masa tua Anda dengan melakukan beragam kegiatan olahraga. Yuk, simak beberapa kegiatan olahraga yang cocok untuk orang tua di artikel berikut ini.

1. Jalan santai

Berjalan memang sudah biasa Anda lakukan sehari-hari untuk mendukung mobilitas Anda, tetapi untuk orang yang telah berumur hal ini sulit untuk dilakukan. Pasalnya, mereka akan sedikit kesulitan untuk bergerak dan akan mudah lelah. Meski begitu, mereka harus tetap melakakukan aktivitas ini meski sedikit demi sedikit secara ruitn untuk memperkuat otot tubuh, memperbaiki masa tulang, dan menguatkan organ jantung.

2. Jogging

Jika Anda memang senang jogging, mungkin aktivitas ini bisa terus Anda lakukan saat pensiun. Tetapi, intensitasnya bisa Anda kurangi sedikit untuk mencegah kelelahan. Selain menyehatkan tubuh, kegiatan olahraga ini memantu menjaga ingatan Anda hingga tua nanti. Dengan begitu Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus hanya dengan melakukan satu kegiatan olahraga.

3. Renang

Renang merupakan jenis olahraga yang cocok untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain membuat tubuh lebih relaks, olahraga ini memberikan mafaat tersendiri untuk apra penderita arthritis atau radang nyeri, khususnya para orang tua. Bukan hanya itu, berenang dapat menguatkan otot-otot inti tubuh Anda dan membuatknya lebih stabil sehingga tidak mudah jatuh.

4. Yoga

Gerakan-gerakan yoga mampu melatih keseimbangan dan keleturan tubuh Anda. tentu saja ini sangat berguna untuk para orang tua yang merasa tubuhnya kaku dan sulit untuk menyeimbangkan tubuh mereka. Tidak hanya melatih keseimbangan tubuh, kegiatan olahraga ini akan memberikan latihan pernapasan yang juga tidak kalah pentingnya. Untuk itu, sempatkan diri Anda untuk melakukan yoga saat tua nanti agar selalu merasa tenang dan bahagia menjalani kehidupan masa tua Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *