5 Kudapan Asli Medan Yang Wajib Anda Coba

Pulau Sumatera terkenal dengan makanannya yang lezat dan penuh dengan bumbu, termasuk Medan. Saat berkunjung ke Medan, jangan hanya mampir ke Danau Toba dan pulau Samosir saja, cobalah untuk mencicipi kudapan asli Medan yang bisa bikin lidah Anda bergoyang. Kira-kira apa saja kuliner yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Arsik Ikan Mas

Bila Anda biasanya menyantap ikan Mas dengan cara dibakar, goreng, atau dibuat menjadi sup, mungkin Anda bisa mencoba olahan ikan Mas lain, yaitu Arsik. Kudapan asli Medan ini dimasak bersama dengan santan, Andaliman, dan asam glugur sehingga rasa kudapan ini sedikit asam. Bagi Anda yang suka seafood, mungkin makanan ini bisa menjadi pilihan Anda saat berkunjung.

Mie Gomak

Memiliki bentuk Mie yang mirip dengan spaghetti, Mie Gomak memiliki sebutan sebagai spaghetti khas Medan. Pada awalnya, mie ini hanya disajikan di daerah Beliga yang berasa di tepian danau Toba. Seiring perkembangan zaman, mie ini bertransformasi menjadi kudapan asli Medan. Buka hanya itu saja, bahan-bahan mentah untuk membuat mie ini hanya bisa ditemui di Sumatera Utara dan tidak bisa ditemukan di daerah lain. Untuk menyantap mie ini, Anda bisa mencampurnya dengan kuah lontong Medan atau bumbu kacang yang sedikit pedas.

Daun Ubi Tumbuk

Jika biasanya kacang yang ditumbuk, kali ini daun ubi lah yang ditumbuk dan menjadi kudapan asli Medan. Sayur unik ini biasanya disantap bersamaan dengan sambal terasi atau gulai ikan Lela asap khas kota Medan. Hal yang membuat kudapan ini tambah unik adalah campuran buah cempoka dan kincong yang hanya ada di tanag Sumatera. Bisa dibayangkan betapa nikmatnya cita rasa sayur ini.

Bubur pedas

Di pulau Jawa, mungkin Anda terbiasa untuk menyantap bubur ayam, bubur Sukabumi, atau Bubur Cianjur. Namun, saat berkunjung ke Medan, Anda harus mencoba bubur Medan yang bernama bubur pedas. Bubur ini biasanya dijual saat bulan Ramadhan tiba, terutama di daerah yang dihuni oleh orang-orang Medan keturunan Melayu. Kudapan asli Medan ini diolah dengan cara yang amat tradisional, yaitu menggunakan tungku kayu bakar untuk memasaknya. Meski pedas, bubur ini biasa di jadikan Ta’jil oleh masyarakat sekitar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *