5 Musisi Jazz Terpopuler di Indonesia

musisi jazzJazz merupakan salah satu genre musik yang populer dan banyak kalangan yang menggemarinya. Bahkan, ada yang bilang Jazz adalah jenis musik “papan atas” karena keeleganan kualitas musiknya. Walaupun menurut pengertian seni musik dan sejarahnya genre ini berasal dari Amerika. Namun banyak juga musisi jazz dalam negeriu yang menghasilkan karya fenomenal dari musik Jazz. Yuk kita berkenalan dengan mereka satu per satu!

1. Benny Likumahuwa

Musisi jazz yang satu ini karirnya semakin meroket ketian ia membentuk grup the Augersindo yang bermain di beberapa Negara Asia. Benny Likumahuwa turut berpartisipasi dalam berbagai event jazz yang diselenggarakan di Indonesia maupun di luar negeri, seperti The North Sea Jazz Festival, Java Jazz Festival dan lainnya. Kini, selain masih aktif di dunia musik, Benny mengajar di sekolah musik Farabi yang ia bentuk bersama Jack dan Indra Lesmana.

2. Indra Lesmana

Putera musisi jazz kondang Indonesia Jack Lesmana ini lahir pada 28 Maret 1966, itulah Indra Lesmana. Bakat musik dari ayahnya turun sehingga ia bisa menjadi musisi jazz, produser, komposer dan sound engineer salah satu kebanggan Indonesia. Kerja keras Indra tidaklah sia-sia, banyak prestasi dan penghargaan yang ia hasilkan diantaranya The Immortals – 25 Artis Terbesar Sepanjang Masa oleh Majalah Rolling Stone Indonesia (2008), Favorite Jazz Player oleh Jak Jazz Festival (2008), The BrandLaureate Legendary Award : The Asia Pacific Brands Foundation (2012) dan masih banyak lagi.

3. Tompi

Musisi jazz Indonesia yang juga berprofesi sebagai dokter sudah berselancar di belantara musik sejak tahun 2003. Sosok pria yang bernama asli Teuku Adi Fitrian ini telah menghasilkan 9 album, diantaranya Sedari Dulu dan Menghujam Jantungku.

4. Andien

Andien Aisyah Hariadi merupakan salah seorang yang dikenal publik sebagai musisi jazz Indonesia. Sosok yang lebih dikenal dengan nama Andien ini lahir di Jakarta, 25 Agustus 1985. Bisa dibilang Andien adalah musisi yang cukup produktif. Sejak tahun 2000, ia telah menelurkan 6 buah album, yakni Bisikan Hati (2000), Kinanti (2002), Gemintang (2005), Kirana (2010), Andien (2013) dan Let It Be May Way (2014).

5. Syahrani

Musisi Indonesia yang akrab disapa Rani ini baru berkiprah di dunia musik saat mengenyam bangku kuliah tepatnya di tahun 1990. Rani kerab tampil di pub dan berbagai acara kampus. Saat menjadi pengisi di suatu acara pub, Rani berjumpa dengan seorang musisi jazz terkenal, Bubi Chen. Perjumpaan itulah yang membuka jalan bagi Rani untuk menjadi penyanyi jazz wanita profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *