5 Santapan Nusantara Paling Terkenal di Dunia

Kelezatan santapan nusantara sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Bukan hanya digemari oleh masyarakat sendiri, beberapa orang asing yang berkunjung ke Indonesia pun jatuh cinta dengan santapan nusantara. Cita rasa yang kuat dari setiap masakan membuat orang selalu ketagihan untuk menyantapnya. Dari sekian banyak masakan yang berasal dari Indonesia, ada beberapa santapan nusantara yang terkenal hingga ke mancanegara. Simak informasinya berikut ini.

Rendang

Siapa yang tidak pernah mencicipi rendang? Makanan yang berasal dari daerah Padang ini berbahan dasar daging sapi atau ayam yang dimasak dengan beragam bumbu dan rempah khas Indonesia. Santapan nusantara yang satu ini memiliki cita rasa yang kuat, sedikit pedas, dan kaya akan rasa rempah saat mencicipinya. Oleh karena itu, banyak orang asing yang terpikat dengan kenikmatan hidangan ini. Bahkan, santapan nusantara ini sukses menjadi makanan yang berhasil di ekspor ke luar negeri.

Nasi Goreng

Saat lapar di malam hari, kehadiran penjual nasi goreng menjadi penyelamat Anda. Rasanya nasinya yang nikmat,di tambah dengan telur goreng membuat cita rasa makanan ini menjadi fantastis. Meski tidak terlalu baik untuk dikonsumsi terlalu sering karena kandungan minyaknya, santapan nusantara yang satu ini berhasil menarik perhatian para masyarakat mancanegara untuk mencicipinya.

Sate

Jika Negeri Paman Sam memiliki Barbeque, maka Indonesia memiliki Sate. Tidak jauh berbeda pada pengolahannya, sate dibakar di atas bara dengan bumbu kecap atau bumbu kacang. Bahan dasar sate pun bermacam-macam, mulai dari daging ayam, kambing, sapi, hingga kerbau. Rasanya yang nikmat membuat orang menggemari makanan ini. Bukan cuma itu, santapan nusantara ini berhasil dikenal hingga keluar negeri. Mantan presiden Amerika Serikat, Barak Obama, pun mengakui kelezatan Sate dari Indonesia.

Tempe

Meski menjadi makanan sederhana di Indonesia, teryata tempe digemari oleh masyarakat dunia. Bahkan, seorang pengusaha di London menjadikan tempe Indonesia sebagai produk yang dia jual. Makanan nusantara yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan ini mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh.

Gado-gado

Suatu saat nanti, mungkin gado-gado bisa menjadi salad untuk orang luar negeri. Komposisinya yang hampir sama, yaitu sayuran, membuat santapan nusantara ini menjadi makanna yang sehat. Tentu saja, makanan ini juga cocok untuk disantap para vegetarian. Oleh karena itu, banyak orang asing yang gemar menyantap gado-gado.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *