5 Tips Marketing Online Shop di Instagram

Siapa yang tidak tahu Instagram? Salah satu media sosial populer di seluruh dunia ini memiliki fitur untuk upload foto dan video dari smarthphone penggunanya. Tetapi, seiring berkembangnya online shop di Indonesia, fungsi media sosial ini sedikit bergeser menjadi keperluan marketing online shop. Banyak online shop yang menjual dan mempromosikan produk mereka di di sini. Sebab, orang akan lebih mudah melihat produk apa saja yang dijual, bagaimana tampilannya, dan juga penjelasan produk tersebut di caption.

Jika Anda ingin mencoba untuk memulai bisnis online di platform ini, mungkin Anda bisa menyimak beberapa tips marketing online shop di Instagram berikut ini.

Selalu unggah foto produk terbaik

Instagram merupakan sosial media tempat Anda mengunggah foto dan video. Jika ingin memanfaatkannya sebagai marketing online shop, pastikan Anda selalu mengunggah foto produk terbaik demi menarik pembeli. Pasalnya, calon pembeli akan lebih tertarik ketika melihat foto yang bagus, cerah, dan memperlihatkan segala sisi produk Anda. Ketika membeli barang secara online, maka tampilan dan deskripsi barang akan dipertimbangkan oleh pembeli. Oleh sebab itu, pastikan foto Anda bagus dan juga memiliki caption pendukung yang baik.

Terapkan sistem timbal balik

Semakin banyak follower yang Anda miliki di toko online Anda, maka orang akan semakin percaya dengan online shop yang Anda jalani. Untuk mendapatkan followers yang banyak, Anda harus melalukan aksi timbal balik, yaitu dengan following banyak orang. Ketika Anda follow akun mereka, orang-orang ini akan menyadari toko online Anda. Bahkan, mereka tidak segan untuk mempir ke akun Anda dan melihat-lihat produk yang dijual. Secara tidak langsung, Anda telah melakukan salah satu strategi marketing online shop, yaitu dengan cara menjemput bola.

Pilih nama akun yang mudah di ingat

Nama atau brand adalah bagian paling penting ketika Anda membangun sebuah bisnis. Jika Anda ingin strategi marketing online shop yang baik, maka pilihlah nama akun yang mudah diingat oleh orang lain. Dengan begitu, orang akan dengan mudah mencari akun online shop Anda tanpa harus membuat daftar following mereka. Selain itu, meski mudah diingat, bukan berarti nama toko online Anda dibuat biasa saja, pastikan namanya unik dan ear catching. Biasanya, orang akan lebih tertarik dengan sesuatu yang unik dan berbeda dari biasanya.

Tunjukan proses pembuatan

Bila Anda memilih untuk menjual produk kuliner atau barang fashion di toko online, maka hal yang akan diperhatikan konsumen akan lebih banyak dibandingkan barang lainnya. Misalnya, jika Anda menjual makanan maka konsumen akan memperhatikan bahan baku produk, cara pembuatannya, kebersihannya, cara pengemasan dan juga tanggal kadaluarsa produk Anda. Nah, untuk menambah kepercayaan pelanggan Anda, tidak ada salahnya jika sesekali mengunggah foto atau video proses pembuatan produk Anda. Dengan begitu, orang-orang akan tahu bagaimana produk Anda dibuat dari awal hingga akhir. Meski terkesan sepele, ini merupakan sebuah teknik marketing online shop yang cukup berpengaruh pada penjualan Anda. Jika produk Anda terbukti higienis, maka pelanggan tidak akan ragu untuk melalulan repurchase pada produk Anda, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *