Apa Saja Perbedaan Antara Website dan Blog

Masih banyak orang yang bingung membedakan antara website dan blog. Tentu saja hal ini wajar saja karena kedua hal tersebut hampir lah mirip dan akan sulit untuk dibedakan apabila kita tidak mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan. 

Jika kamu adalah seseorang yang bingung membedakan suatu website dan suatu blog pribadi, kamu datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini kami akan membahas apa saja perbedaan antara kedua hal tersebut dan kenapa mereka berbeda. 

1. Perbedaan website dan blog dari sisi konten

Ketidaksamaan yang pertama bisa disaksikan dari sisi content. Biasanya content website berisi artikel, video, atau podcast mengenai satu atau beberapa topik yang disukai oleh pemilik website. Disamping itu, content website umumnya ialah pengalaman, pendapat, atau rutinitas sang pemilik website, sesuai pengertian website yang telah disebut awalnya.

Anda dapat membuat website dengan content yang konsentrasi pada satu topik, misalkan travel, teknologi, otomotif, mode, atau parenting. Contoh website yang konsentrasi pada satu topik ialah website travel Trinity Pelancong.

Anda bisa juga membuat website yang berisi content dari bermacam topik, yang pasti disamakan dengan ketertarikan Anda.

Sedang content web umumnya berisi info penting berkenaan produk atau service. Misalkan, Anda dapat membuat web perusahaan yang berisi berkenaan riwayat, alamat, produk, contact perusahaan.

Anda bisa juga memakai web untuk kepentingan organisasi, sekolah, instansi pengajaran, toko online, atau badan pemerintahan.

2. Update

Dari sisi update content juga website dan web berlainan. Website seringkali mengupdate isinya secara periodik, dapat tiap hari, 2 hari sekali, atau satu minggu sekali. Tiap website mempunyai agenda update isinya semasing. Karena itu, content di website memiliki sifat aktif sebab selalu diperbaharui dalam waktu tertentu.

Update content ialah poin utama untuk website sebab content adalah nyawa dari website.

Berlainan dengan web yang isinya sebagian besar berisi info produk atau service hingga update cuman terjadi saat ada pengubahan info produk atau service yang disiapkan.

Oleh karena itu, content web disebutkan statis sebab tidak selamanya membutuhkan update.

3. Perbedaan website dan blog dari arah komunikasi

Ketidaksamaan website dan web seterusnya berada pada arah komunikasi.

Arah komunikasi di website memiliki sifat interaktif sebab pembaca website dapat tinggalkan tanggapan di tiap artikel atau content yang di-launching.

Sedang arah komunikasi di web lebih memiliki sifat satu arah sebab web umumnya tidak sediakan kotak komentar di isinya.

4. Subscriber

Supaya pembaca tidak ketinggal update content terkini, umumnya website sediakan tombol subscribe. Pembaca dapat subscribe atau abonemen pada website supaya dikasih pemberitahuan tiap ada content baru.

Beberapa web ada juga yang sediakan opsi subscribe. Tetapi, berlainan dari website yang mengirim pemberitahuan update content baru, web umumnya mengirim newsletter yang berisi produk atau service baru.

5. Style Bahasa

Dari sisi style bahasa yang dipakai berlainan. Sesungguhnya style bahasa website variasi, tidak ada batas tertentu. Ada yang memakai tidak resmi, ada pula yang memakai bahasa resmi.

Walau bagaimanapun, biasanya website menggunakan kata tukar ke-2 seperti ‘kamu’, ‘lu’, atau ‘anda’ untuk bikin isinya lebih individual. Website memakai style bahasa yang lebih individual supaya pembaca tidak jemu saat membaca artikel website.

Sedang style bahasa yang dipakai web umumnya semakin kompeten dan resmi sebab umumnya dipakai untuk maksud resmi seperti lembaga pemerintahan, instansi pengajaran, organisasi, atau perusahaan.

Itu dia beberapa perbedaan yang bisa kamu ketahui tentang website dan blog pribadi. Jika kamu ingin memulai suatu website kamu juga dapat mengunjungi artikel kami lainnya yang membahas bagaimana seorang pemula bisa membuat suatu website dengan gampang dan mudah tanpa biaya yang besar.  Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *