Apa Yang Terjadi Jika Sebuah Negara Bangkrut?

negara bangkrutKrisis global yang terjadi beberapa tahun belakangan ini membuat perekonomian di beberapa negara di dunia mengalami penurunan hingga menyebabkan kolaps. Meski pertumbuhan perekonomian tetap baik di beberapa negara, jumlah utang yang mereka miliki melonjak tinggi sehingga berpotensi menyebabkan kebangkrutan. Negara yang mengalami kondisi tersebut tidak lain adalah Jepang, Jamaika, Libanon, Itali, dan Yunani. Bahkan, Yunani sudah dikabarkan sebagai negara bangkrut akhir-akhir ini. Jika terjadi kebangkrutan pada suatu negara, maka hal tersebut akan berdampak pada sektor lain dan mendorong terjadinya beberapa hal yang tidak di inginkan. Di artikel ini akan membahas hal apa saja yang bisa terjadi ketika negara bangkrut. Yuk, simak ulasannya di sini.

1. Program Pendanaan Pemerintah Berakhir

Bila negara mengalami kebangkrutan, maka hal pertama yang akan terjadi adalah pemerintah akan menghentikan segala subsidi dan tunjangan kepada masyarakat. Seperti subsidi listrik, berhentinya aparat keamanan, penutupan pompa bensin, bank tutup, hingga habisnya stok makanan. Tentu saja negara bangkrut tidak bisa melakukan kewajibannya kembali, pasalnya negara sudah tidak memiliki biaya untuk melakukan hal ini.

2. Bisnis Berhenti dan Lapangan Pekerjaan Menghilang

Negara yang berada dalam status pailit/bangkrut akan membuat para pebisnis dan para investor menarik investasi mereka. Para investor tidak mau mempercayakan masa depan mereka ke negara bangkrut yang memiliki perekonomian tidak stabil. Saat hal ini terjadi, maka akan banyak bisnis yang ikut gulung tikar, sehingga menyebabkan ratusan orang kehilangan pekerjaan. Setelah itu, angka pengangguran negara akan meningkat sehingga keadaan negara akan semakin buruk.

3. Terjadi Kerusuhan Massal

Seperti yang terjadi ketika krisis moneter dialami oleh Indonesia, sebuah negara bangkrut akan memicu terjadinya kerusuhan massal. Banyak orang yang akan menyampaikan kekecewaan mereka dengan melakukan aksi demo dan berujung pada kerusuhan. Bukan hanya itu, tingkat kejahatan akan meningkat dan menyebabkan keamanan dan kedamaian negara teracam.

4. Hutang Luar Negeri Semakin Menumpuk

Sebelum benar-benar bangkrut, sebuah negara akan bersusah payah untuk mempertahankan perekonomian mereka, termasuk dengan mengajukan hutang luar negeri. Ketika hal ini telah dilakukan dan tidak berhasil, imbasnya hutang negera semakin menumpuk. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, negara yang bangkrut tidak akan mampu lagi untuk mensejahterakan rakyat mereka, apa lagi membayar hutang? Oleh sebab itu, hutang semakin lama akan semakin menumpuk dan memperburuk keadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *