Begini Cara Pengelolaan Keuangan Dengan Benar Sesudah Menikah

pengelolaan keuanganMengelola keuangan adalah hal yang wajib bisa dilakukan oleh semua orang, ini didasari dari konsep pengelolaan keuangan yang baik maka kondisi ekonomi bisa jadi sehat dan juga sebaliknya. Begitu juga ketika Anda sudah berkeluarga dan menikah, uang pun menjadi uang bersama yang harus di bagi ke dalam beberapa aspek kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi setiap bulannya. Berikut ini ada beberapa cara pengelolaan uang setelah berkeluarga.

1. Ajarkan Anak untuk Hidup Sederhana Sejak Dini

Terkadang orang beranggapan ketika sudah menikah harus mengirit untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Tetapi hal ini menyebabkan kesan pelit, terutama para ibu-ibu yang enggan memberikan anaknya uang jajan yang cukup atau tak memenuhi keinginan dan kebutuhan anak secara cukup. Anda harus sadar bahwa hemat bukan berarti harus pelit. Pengeluaran harus secara tepat sasaran dalam penggunaannya. Pendidikan pengelolaan keuangan juga harus diajarkan kepada anak sedini mungkin agar anak sadar bahwa ibu bukanlah pelit tetapi berhemat.

2. Berikan Pemahaman Finansial Kepada Anak Dimulai dari Usia 7 Tahun

Usia yang tepat untuk memberikan pemahaman dan pengertian tentang pengelolaan keuangan dan finansial pada anak bisa dimulai di usia 7 tahun. Di usia tersebut anak sudah mampu untuk diberikan pengertian bahkan bisa menumbuhkan jiwa entrepreneurnya. Anak telah mampu untuk memahami segala hal yang diarahkan kepadanya termasuk soal keuangan. Berikanlah pemahaman bahwa uang bukanlah hanya sekedar untuk dihabiskan dan bersenang-senang tetapi uang digunakan untuk hal yang lebih baik dalam hidup. 

3. Cara Sebelum dan Sesudah Menikah Dalam Menyikapi Target

Pengelolaan keuangan untuk keluarga yang baik harus dari kemauan untuk terus belajar, termasuk belajar tata kelola keuangan keluarga. Ada perbedaan prinsip dalam pengelolaan keuangan ketika sebelum dan sesudah menikah , yaitu pada tuntutan kebutuhan. Sesudah menikah pastinya ada target yang dikejar tetapi target bersama untuk suami, istri dan anak. Selain mengejar target, hal lain yang harus dipenuhi adalah untuk selalu konsisten. Jangan belanja over budget karena tidak mampu menahan diri, belanjalah sesuai dengan kebutuhan keluarga.

4. Kesejahteraan Keluarga Berasal dari Pengelolaan Keuangan yang Baik

Anda adalah orang telah menikah, makan Anda perlu menyadari bahwa pengelolaan uang dengan benar merupakan sumber dari bagian kesejahteraan keluarga, sekaligus cara untuk mempertahankan kehidupan dalam berumah tangga dibarengi dengan komunikasi yang lancar soal keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *