Bubur Khas Indonesia Yang Wajib Anda Coba

bubur khas IndonesiaRagam masakan nusantara Indonesia tersebar dari Sabang hingga Marauke. Salah satu makanan tersebut adalah kuliner bubur khas Indonesia. Meskipun bubur bisa Anda temukan di berbagai negara dan berbagai daerah, Indonesia memiliki bubur unik dari masing – masing daerah yang ada. Bubur yang tersebar di Indonesia ini kebanyakan masuk ke dalam kategori bubur bumbu atau bubur campur. Hal ini dikarenakan bahan utama pembuatan bubur ini adalah rempah-rempah asli Indonesia. Di artikel ini akan dijabarkan beberapa bubur dalam negeri yang mungkin bisa Anda coba.

1. Bubur Manado

Bubur manado dikenal dengan nama lain, yaitu bubur tinutuan. Bubur Manado terbuat dari bahan labu kuning ini biasanya dicampur dengan aneka ragam sayuran, seperti daun bayam, kangkung, singkong, kemangi, hingga jagung manis. Bubur dari Manado ini biasanya enak di santap sebagai menu sarapan atau ketika cuaca sedang dingin. Jangan lupa untuk menambahkan lauk seperti perkedel, cakalang, dan sambal roa untuk menambah kenikmatan cita rasa bubur tersebut.  

2. Bubur Bassang

Ternyata, Sulawesi memiliki banyak jenis bubur, lho. Satu lagi bubur khas Indonesia  dari tanah Sulawesi, yaitu bubur bassang. Bubur yang populer di Makassar ini berwarna putih pucat dan terbuat dari campuran jagung putih, tepung terigu, air, gula, dan garam. Biasanya, bubur bassang dihidangkan saat masih panas dan ditaburi dengan gula pasir. Tujuannya adalah untuk menambah cita rasa manis pada bubur unik ini. Bila Anda ingin menyantapnya, maka tidak perlu repot membuatnya sendiri, sekarang ini sudah banyak yang menjual kudapan ini dalam bentuk kemasan cepat saji.

3. Bubur Sagu

Sagu biasanya identik dengan makanan dari daerah timur Indonesia, salah satunya adalah bubur sagu yang berasal dari Ambon. Bubur ini disajian dengan siraman kuah santan yang dicampur dengan talas kukus. Tampilan dari kudapan ini memang sekilas mirip dengan papeda, bedanya, bubur tersebut memiliki warna yang sedikit kecoklatan, tidak bening seperti olahan sagu rebus kebanyakan.

4. Bubur Pedas

Daerah Singkawang juga memiliki bubur sendiri yang dinamai dengan bubur pedas. Meski namanya pedas, bubur yang satu ini sama sekali tidak menggunakan cabai sebagai bahan dasarnya, melainkan campuran dari beras yang ditumbuk halus dan dibumbui dengan aneka rempah khas nusantara. Selanjutnya, bubur tersebut dicampur dengan parutan kelapa sangrai, kaldu sapi, dan beberapa sayuran sebagai topping tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *