Bumbu Masakan Unik Asal Indonesia

Untuk membuat makanan yang lezat dibutuhkan komposisi yang pas. Bukan hanya itu, cara memasak, lama memasak, dan kualitas bahan masakan pun mempengaruhi cita rasa sebuah makanan. Tetapi, dari semua aspek yang dibutuhkan, bumbu masakan adalah yang paling utama. Lada, ketumbar, cengkeh, dan pala mungkin bukan bumbu masakan yang asing lagi untuk Anda. Ada beberapa bumbu masakan unik dari Indonesia yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Simak apa saja nama bumbu-bumbu tersebut di artikel berikut ini.

Kapulaga

Kapulaga masih masuk kedalam keluarga yang sama dengan jahe. Dahulu, bumbu masakan ini banyak di pakai di Mesir, Yunani, dan Romawi, tetapi sekarang Kapulaga lebih banyak digunakan sebagai bumbu masakan Timur Tengah, termasuk Indonesia.

Terdapat dua jenis kapulaga, kapulaga putih dan coklat. Nah, jenis kapulaga yang digunakan untuk bumbu masakan ialah yang berwarna putih. Untuk menggunakannya sebagai bumbu, memarkan atau haluskan kapulaga terlebih dahulu, selanjutnya sangrai hingga harum. Jika sudah disangrai, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah yang tertutup rapat untuk menjaga aromanya.

Andaliman

Andaliman memiliki bentuk yang mirip dengan merica, bedanya bumbu ini bewarna hijau cerah dan memiliki ranting-ranting kecil. Andaliman biasanya dipakai sebagai bumbu masakan hidangan Sumatera karena rasa pedasnya yang menggigit. Apa lagi jika dicampur ke dalam gulau, saus untuk membakar, dan sambal.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menghaluskan bumbu masakan ini bersama dengan bumbu-bumbu lainya atau di masukan secara untuh ke dalam masakan. Di jamin, masakan Anda akan memiliki cita rasa pedas yang sempurna.

Cabai Puyang

Cabai puyang dikenal juga dengan sebutan cabai jawa kering atau long pepper. Bumbu masakan ini biasanya dipakai sebagai bumbu gulai, acar, hingga manisan. Cabai Puyang memiliki rasa pedas yang mirip dengan merica. Untuk menggunakan bumbu ini, cukup haluskan cabai kering atau di masukan secara untuh ke dalam masakan Anda.

Angkak

Angkak merupakan beras ketan yang difermentasi dan dikeringkan hingga warnanya menjadi merah tua dan kering. Bumbu masakan ini berguna untuk menambah aroma segar dan merah alami pada daging ayam, bebek, atau sapi yang dipanggang. Jika Anda sering melihat daging panggang bewarna kemerahan, sudah dapat dipastikan makanan tersebut menggunakan Angkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *