Destinasi Populer Belanja Batik Indonesia

Saat berkunjung ke Yogyakarta, Solo, Cirebon, atau Pekalongan, maka yang harus Anda lakukan adalah berburu baju Batik! Keempat kota di pulau Jawa ini terkenal sebagai surga batik dibandingkan kota-kota lainnya. Tapi, dari sekian banyak toko atau pasar yang tersebar di keempat kota tersebut, berikut destinasi belanja Batik Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Berlokasi di selatan Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo menjajakan ratusan baju batik dengan harga murah dan bisa di tawar. Selain murah, pasar ini menjadi lokasi penjualan paling lengkap di Yogyakarta. Anda bisa memilih bahan batik yang diinginkan, mulai dari bahan biasa seperti katun, hingga bahan sutera yang terkenal mahal dan mewah. Tak heran lokasi ini menjadi destinasi belanja batik Indonesia yang paling diminati.

Pasar Klewer, Solo

Pasar Klewer menjadi pasar tradisional paling terkenal di Solo, sekaligus menjadi salah satu pusat belanja Batik Indonesia. Berlokasi di Jl. Dr. Rjiman, Anda bisa menemukan puluhan batik khas Solo dengan harga murah hingga yang termahal, mulai dari Batik tulis, Batik cap, Batik antic keratin, hingga Batik putri Solo. Setelah Lelah berkeliling berburu baju Batik, Anda bisa bersantai sejenak menikmati makanan khas Solo yang tidak kalah beragam dengan motif batiknya.

Pusat Grosir Sentono, Pekalongan

Saat Anda berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Grosir Sentono. Pasar tradisional ini menjadi lokasi penjualan batik paling besar se-Pekalongan. Berapa pun budget yang Anda miliki, Anda tetap bisa belanja baju Batik saat berbelanja di lokasi ini. Dengan lokasi strategis di Jl. Raya Baros, Pusat Grosir Sentono mudah di akses oleh wisatawan. Tidak heran pengunjungnya selalu membludak setiap harinya, khususnya saat musim liburan.

Batik Trusmi, Cirebon

Meski pun masuk ke teritori Jawa Barat, Cirebon berhasil menjadi salah satu kota dengan pengerajin batik terbesar di pulau Jawa. Salah satu jenis yang tepat untuk Anda belanja batik di sini adalah Batik Trusmi. Dengan model dan corak yang cerah, baju Batik Trusmi menargetkan anak muda sebagai segmen pasarnya. Hal ini tidak terlepas dengan visinya untuk melestarian baju batik kepada anak-anak muda. Bukan hanya itu, harga baju Batik bisa disesuai dengan keinginan Anda, jika ingin harga yang terjangkau, Anda bisa memilih batik berbahan katun. Semetara, jika Anda memiliki budget lebih, coba untuk membeli batik tulis dari bahan sutera lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *