Hal Penting Tentang Backlinks Bagi Pemula

Bagi kamu yang baru saja memulai untuk membuat website/blog pribadi tentu saja kamu pasti mempunyai banyak pertanyaan seputar hal-hal seperti backlinks. Kamu yang baru saja memulai pasti belum pernah mendengar tentang hal yang satu ini. Apa sih itu backlinks?

Backlinks adalah suatu tautan yang ada di situs lain yang menuju situs yang kamu miliki. Dengan kata lain backlinks merupakan suatu voting atau pemungutan suara dimana situs-situs yang menaruh tautan menuju situs kamu menganggap situs kamu sebagai salah satu website/blog pribadi yang patut untuk dijadikan tautan karena merupakan suatu sumber yang terpercaya. 

Oleh karena itu backlinks merupakan suatu komponen penting yang harus dimiliki sebuah website apabila mereka ingin berkompetisi dengan website lainnya di sistem pencarian yang Google miliki. Nah tapi ada beberapa hal tentang backlinks yang perlu kamu ketahui. Apa saja itu?

Kualitas Backlinks

Usahakan backlinks yang kamu punya mempunyai kualitas yang tinggi. Cara paling simpel untuk mengetahui apakah backlinks ini berkualitas tinggi atau tidak adalah dengan mencari tahu apakah backlinks tersebut datang dari website yang mempunyai skor tinggi? Jika iya maka backlinks tersebut termasuk yang berkualitas. Kamu dapat mencari tahu skor dari website dengan menggunakan tools seperti ahrefs.com, moz.com, semrush.com dan masih banyak lagi. 

Jumlah backlinks

Memang betul semakin banyak backlinks yang menuju ke situs kamu berarti semakin tinggi pula skor website kamu. Tetapi perlu diingat bahwa sekarang, kualitas dari suatu backlinks akan lebih dilihat ketimpang jumlah dari backlinks itu sendiri. Jadi kamu harus bisa mendapatkan beberapa backlinks berkualitas ya.

Tipe backlinks

Ada dua tipe backlinks yang perlu kamu ketahui, dofollow dan nofollow. Apakah yang dimaksud dengan itu? Nofollow backlinks dapat diartikan bahwa suatu situs ingin memberitahu google bahwa tautan yang mereka berikan itu tidak perlu mendapatkan sinyal kuat. Sebaliknya dengan dofollow maka level dari voting akan lebih tinggi sehingga situs yang terhubung dengan hyperlink akan dengan mudah mendapatkan authority level yang dapat meningkatkan skor dari situs tujuan. 

Itu dia beberapa hal simpel tentang backlinks yang perlu kamu ketahui. Nantikan penjelasan lanjutan yang pastinya akan lebih detail tentang backlinks. Semoga informasi diatas bermanfaat ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *