Hentikan Pikiran Negatif Dengan Teknik Ini, Yuk!

berpikir positifPikiran negatif memang bisa datang kapan saja, di mana saja, dan kepada siapa saja, bahkan di saat-saat yang tidak terduga. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengentikannya agar tidak berkepanjangan. Pasalnya, memiliki pikiran negatif berkepanjangan akan memengaruhi psikologis dan kesehatan Anda, lho. Nah, di artikel ini akan membahas beberapa teknik yang mungkin dapat membantu Anda menyingkirkan beragam hal-hal negatif dalam hidup Anda. Karena, siapa juga yang mau berlama-lama berpikiran negatif, bukan? Yuk, segera simak informasinya di bawah ini.

Stop” to Yourself

Saat merasa bahwa pikiran negatif mulai memasuki pikiran Anda, coba katakan ‘stop!’ Kepada diri sendiri. Jika Anda sendirian, Anda dapat mencoba mengucapkan ini dengan keras, karena hasilnya akan sangat efektif dibandingkan hanya berkata di kepala Anda. Bagi orang-orang yang kesulitan mengekspresikan perasaannya dengan kata-kata, maka gambar atau membuat coretan di kertas juga memiliki fungsi yang sama.

Sugestikan Hal-hal Positif di Diri Anda

“Saya adalah orang yang berharga, disukai, dan saya akan menemukan kesuksesan saya sendiri.”

Kata-kata di atas bisa menjadi contoh penyemangat atau sugesti ketika Anda merasa terpuruk karena pikiran negatif menghampiri. Dengan mengatakan hal-hal positif kepada diri sendiri, maka Anda telah membantu diri sendiri untuk lebih baik dan menjauhkan diri dari hal-hal berbau negatif.

Ungkapkan Perasaan Anda

Jika pikiran negatif Anda terkait dengan emosi yang kuat seperti rasa takut, marah atau cemburu, cobalah untuk mengungkapkannya dengan cara menulis atau menggambarnya di kertas. Setelah Anda menuliskannya dan menyadari semua pikiran tersebut, Anda bisa merobek kertas tersebut, meremasnya menjadi bola, membakarnya, atau mencoretnya dengan kasar sebagai bentuk perlawanan Anda terhadap perasaan tersebut. Dengan begitu, perasaan Anda akan lebih tersalurkan dan merasa lebih baik.

Melakukan Kesalahan Adalah Hal Wajar

“Hanya karena saya masih berjuang untuk menemukan pekerjaan yang baik, bukan berarti saya tidak akan pernah menemukan satu pun di masa depan. ”

Apa Anda pernah menyugestikan diri dengan kalimat yang mirip seperti di atas? Jika iya, Anda telah menerapkan salah satu teknik menghentikan pikiran negatif di hidup Anda. Pasalnya, melakukan sebuah kesalahan atau belum mendapat keberuntungan adalah hal yang wajar terjadi pada manusia. Sehingga Anda tidak perlu merasa buruk dan gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *