Inilah 5 Kriteria Seseorang Berjiwa Besar

berpikir postifDunia ini penuh dengan orang-orang yang kuat, karismatik, dan pintar. Setuju? Tapi itu semua tidak akan berguna bila Anda tidak berjiwa besar. Pasalnya, orang-orang yang berjiwa besar akan menghargai orang dan lebih memiliki sifat tenggang rasa kepada sesama. Sebenarnya, ada beberapa kriteria dari seseorang yang berjiwa besar, bahkan Anda dapat menilainya sendiri. Berikut beberapa kriterianya.

Rendah Hati

Ken Blanchard pernah berkata, “humble people don’t think less of themselves, they just think of themselves less”. Artinya, seseorang yang berjiwa besar akan memiliki sifat rendah hati, di mana mereka akan lebih memikir orang lain dari pada dirinya sendiri. Mereka akan merasa bahwa dirinya masih kurang dan masih harus banyak belajar dari orang lain. Mereka tidak akan pernah menyombongkan apa yang sudah didapatkan, atau kata lainnya adalah pamer.

Bertanggung Jawab

Orang-orang berjiwa besar tidak akan pernah takut dan akan selalu memiliki rasa bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Mulai dari perlakuan mereka kepada yang lain, ucapan, emosi, hingga hal lainnya dan menolak untuk menyalahkan orang lain ketika terjadi kesalahan. Tentu saja ini menjadi salah satu sifat yang sulit untuk dilakukan pada diri Anda. Pasalnya, kadar egois manusia terkadang membuat Anda berusaha melindungi diri sendiri meski telah melakukan kesalahan. Setuju? Namun, bila Anda sudah memiliki sifat ini, maka Anda sudah memiliki satu dari empat kriteria untuk menjadi manusia berjiwa besar.

Berkorban dan Tanpa Pamrih

Mungkin Anda sudah diajarkan dari kecil untuk tidak pamrih ketika menolong. Akan tetapi, di zaman sekarang banyak orang yang memiliki maksud tertentu, atau kata lainnya adalah pencitraan. Nah, hal ini nantinya akan mempengaruhi pandangan orang kepada para orang berjiwa besar yang tulus untuk menolong. Oleh karena itu, terapkan pada diri Anda sejak saat ini bahwa ketika akan menolong sesama jangan pernah mengharapkan sesuatu setelahnya.

Mengutamakan Keluarga

Orang-orang berjiwa besar selalu bisa menyediakan waktu mereka untuk keluarga, tidak peduli seberapa sibuk pun mereka. Di dalam hidup mereka, keluarga adalah segalanya dan menjadi prioritas utama di hidup mereka. Talenta, kekayaan, kekuasaan, status, dan prestise dijunjung tinggi oleh dunia. Namun, bijaksana, jujur, dan rendah hati adalah harga yang sangat tinggi. Apa Anda seperti itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *