Investasi Yang Cocok Untuk Biaya Pensiun

biaya pensiunMungkin masih banyak yang tidak menyadari betapa pentingnya memiliki simpanan hari tua sejak dini. Biaya pensiun yang Anda miliki bisa menunjang kehidupan Anda sehari-hari ketika memasuki masa ini. Bukan hanya itu, beberapa penyedia jasa penyimpanan biaya pensiun juga memberikan keuntungan asuransi kesehatan masa tua Anda.

Dari sekian banyak fasilitas yang tersedia untuk mengumpulkan biaya hari tua, berikut beberapa investasi menguntungkan yang bisa Anda pilih.

1. Reksa dana

Berinvestasi dalam jenis apa pun memiliki resikonya masing-masing, termasuk reksa dana. Untuk Anda yang cenderung ingin selalu aman dan mudah, investasi ini sangat cocok untuk Anda. Selain resikonya lebih rendah dari jenis investasi lainnya, investasi ini memiliki jangka waktu yang bisa Anda tentukan sendiri. Jika Anda ingin investasi jangka pendek, cukup atur lamanya invetsasi Anda sekitar 5-10 tahun. Namun, jika ingin lebih untung, tempatkan dana Anda lebih dari 10 tahun.

2. Asuransi biaya pensiun

Dari jenis investasi lainnya, mungkin asuransi pensiun merupakan yang paling mudah dan umum untuk Anda. Anda tidak perlu pusing memikirkan harga saham saat ini atau kekhawatiran mengalami palid. Anda cukup membayar premi bulanan yang jumlah dan lamanya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhhan. Semakin tinggi nilai premi yang diambil, makan semakin banyak biaya pensiun yang Anda dapatkan nantinya.

3. Deposito berjangka

Tidak berbeda jauh dengan reksa dana, deposito berjangka bisa menjadi alternative Anda untuk menempatkan dana pensiun. Meski suku bunga mengalami fluktuatif, deposito yang Anda miliki tidak akan terpengaruh. Selain itu, jika terjadi masalah yang menyebabkan kerugian, dana Anda akan dilinfungi oleh pemerintah dari kegagalan pembayaran. Waktu yang fleksibel juga menjadi nilai plus investasi ini. Saat waktunya habis, Anda dapat menarik uang dan keuntungan yang didapatkan atau memperpanjang waktu deposito miliki Anda.

4. Sewa property

Invetasi biaya pensiun bukan hanya bisa dilakukan di lembanga keuangan, nyatanya Anda juga bisa menginvetasikannya dalam bentuk properti. Anda bisa membeli beberapa properti yang letaknya strategis dan berlokasi dekat pusat kota. Selanjutnya, Anda bisa menyewakan aset Anda tersebut kepada orang lain atau menjualnya ketika harga berada pada titik penjualan maksimal. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang Anda kembali sekaligus keuntungannya. Uang tersebut bisa langsung Anda gunakan atau di tabung ke dalam rekening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *