Jajanan Indonesia Yang Bisa Menghangatkan Ketika Hujan

Indonesia nampaknya sudah memasuki musim penghujan. Cuaca yang panas terik bisa tiba-tiba mendung dan hujan deras. Di cuaca yang seperti ini biasanya suhu akan terasa lebih dingin sehingga menyebabkan orang menjadi malas dan berpikir untuk tidur di balik selimut. Dari pada Anda berdiam diri dan membuat tubuh Anda semakin dingin, lebih baik Anda pergi untuk membeli jajanan Indonesia yang bisa menghangatkan tubuh. Yuk, simak jajanan Indonesia apa saja yang bisa menghangatkan tubuh Anda kala cuaca dingin datang di artikel berikut ini.

Bajigur

Bila Anda kelahiran 90-an, mungkin Anda tidak asing lagi dengan Bajigur, minuman hangat yang terbuat dari gula aren dan santan kelapa. Jajanan Indoneisa ini memang paling nikmat diminum selagi hangat saat hujan datang. Di tambah lagi jika Anda menyediakan makanan pendamping seperti ubi rebus, kacang rebus, pisang goreng, dan kue pisang yang dibungkus dengan daun. Dengan hidangan ini, Anda akan lebih menikmati cuaca dingin akibat hujan.

Wedang Ronde

Minuman hangat memang selalu jadi juara saat musim hujan. Apa lagi jika minuman hangat tersebut terbuat dari jahe yang memang memiliki khasiat menghangatkan tubuh sekaligus menjaga kebugaran tubuh. Nah, wedang ronde merupakan jajanan Indonesia yang menggunakan Jahe sebagai salah satu bahan dasarnya, karenanya jajanan ini sangat pas disantap saat cuaca sedang dingin.

Di dalam semangkuk jajanan Indoneisa ini, terdapat air jahe dan ronde, yaitu bola-bola kecil yang terbuat dari tepung ketan. Saat digigit, Ronde akan memiliki tekstur kenyal seperti kue klepon, bedanya Ronde tidak memiliki isian gula. Selain itu, tidak jarang minuman ini dilengkapi oleh kolang kaling dan Mutiara cina.

Sekoteng

Tidak terlalu berbeda dengan miuman sebelumnya, Sekoteng juga menggunakan Jahe sebagai bahan dasarnya. Bedanya, isian sekoteng hanya berupa kacang hijau, potongan roti tawar, kacang tanah sangrai, dan Mutiara cina. Rasa jajanan Indonesia ini pun tidak jauh berbeda dari kawannya, Wedang Ronde. Jika Anda tidak sukda dengan bola-bola Ronde, mungkin sekoteng bisa mejadi minuman penghangat alternatif untuk Anda.

Bandrek

Berasal dari kampung yang sama dengan Bajigur, yaitu tanah Sunda, Bandrek juga menggunakan jahe sebagai salah satu bahan utamanya. Selain jahe, minuman yang termasuk jajanan Indonesia ini menggunakan gula merah, daun pandan, dan kayu manis sebagai bahan utama lainnya. Untuk beberapa orang, tidak jarang mencampurnya dengan cengkih. Bukan hanya menghangatkan badan di cuaca yang dingin, Bandrek dipercaya dapat menambah stamina.

Demikianlah beberapa jajanan Indonesia yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh Anda kala cuaca dingin menerpa. Dengan mengonsumsinya, Anda akan lebih semangat untuk beraktivitas meski hujan turun di luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *