Jenis Dana Hari Tua yang Perlu Anda Ketahui

dana hari tuaSaat memasuki usia 55-66 tahun, Anda harus memperisapkan diri untuk pensiun dari segala pekerjaan yang Anda lakukan saat ini. Meski sudah tidak bekerja lagi, Anda akan tetap mendapatkan uang pensiun dari perusahaan tempat Anda bekerja. Dari sejumlah dana untuk masa tua yang bisa Anda peroleh, berikut beberapa jenis dana hari tua  berdasarkan UU No. 11 Tahun 1992 perlu Anda ketahui. Simak informasinya di bawah ini.

1. Dana Hari Tua Pemberian Kerja

Seperti namanya, dana untuk masa tua ini didapat dari perusahaan tempat Anda kerja. Biasanya, nama program dana pensiun perusahaan disebut sebagai Program Pensiun Manfaat Pasti atau Program Pensiun Iuran Pasti. Program ini dilakukan semata-mata sebagai tanggung jawab perusahaan terhadap karyawannya. Jenis dana ini bersumber dari internal perusahaan yang memang telah disisihkan untuk membayar. Biasanya, mereka akan memberikan langsung jumlah pesangon pensiun yang memang harus diterima karyawan, bukan diberikan bulanan seperi gaji.

2. Dana Lembaga Keuangan

Sebagian perusahaan memiliki kebijakan untuk memotong gaji setiap karyawan untuk beberapa hal, salah satunya untuk dana pensiun mereka sendiri. Uang yang dipotong dari gaji ini akan dikelola oleh bagian keuangan perusahaan. Mereka akan menghitung jumlah dana yang bisa Anda dapatkan saat memasuki masa berhenti bekerja dengan rumus yang telah ditetapkan sebelumnya.Berbeda dengan dana pension pemberian kerja, jeis dana dari lembaga keuangan ini sebenarnya adalah tabungan milik Anda sendiri yang sengaja dibuat oleh pihak perusahaan.

3. Dana Berdasarkan Keuntungan

Jenis yang terakhir adalah berdasarkan keuntungan. Maksudnya, jika perusahaan tidak memberikan Anda pensiun, maka ada baiknya jika Anda mempersiapkan finansial masa depan sendiri melalui tabungan di bank atau pun asuransi pensiun. Semua dana yang Anda dapatkan dari jenis ini, berasal dari bank atau perusahaan asuransi. Artinya, pihak yang memberi Anda dana pensiun adalah perusahaan perbankan atau asuransi. Dana ini akan diterima setiap bulan seperti halnya gaji atau setiap periode tertentu, seperti tiga bulan atau enam bulan sekali dan langsung di transfer ke rekening milik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *