Ketahui 3 Fakta Keunikan Batik Indonesia Ini

Berapa banyak baju Batik yang Anda miliki di dalam lemari? Satu potong atau bahkan lebih? Jika Anda belum memiliknya sama sekali, sebaiknya Anda mulai mengoleksi baju Batik di lemari. Sebab di balik baju-baju Batik yang telah hadir saat ini, tersimpan beragam fakta menarik yang perlu Anda ketahui. Kira-kira apa saja fakta uniknya? Simak penjelasannya berikut ini.

Diakui Sebagai Warisan Dunia Oleh UNESCO

Sebagai Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan di bawah naungan PBB, UNESCO telah menetapkan Batik sebagai intangible cultural heritage of humanity, setelah sebelumnya mengukuhkan wayang dan keris sebagai warisan Indonesia. Pemberian gelar ini tentunya sesuai dengan upaya Indonesia menjaga dan melestarikan Batik hingga ratusan tahun. Dengan adanya pengakuan ini, Batik Indonesia tidak akan dicuri oleh negara lain.

Motif Kain Paling Multifungsi

Saat Anda berwisata ke daerah, Yogyakarta, Solo, atau kota-kota lain yang ada di sekitar pulau Jawa, pasti Anda akan menemukan beragam benda dengan motif Batik. Mulai dari baju Batik, tas Batik, sepatu Batik, bahkan hingga gelang dan kalung Batik. Hal ini membuktikan bahwa Batik bukan hanya bisa digunakan sebagai pakaian, tapi juga beragam barang lain yang tidak kalah indah.

Penyumbang Devisa Untuk Negara

Menurut Anda, selain pariwisata hal apa lagi yang mampu menyumbang devisa untuk negara? Jawabannya adalah Batik Indonesia. Bagaimana bisa? Faktanya, Batik Indonesia disukai oleh banyak orang hingga ke manca negara. Setiap tahunnya, Indonesia harus mengekspor berjuta-juta potong Batik Indonesia ke Amerika Serikat, Jerman, Jepang, hingga Korea Selatan. Dari semua Batik yang diekspor, negara berhasil mendapat devisa senilai Rp 2,1 triliun.

Disukai Oleh Para Tokoh Dunia

Dengan jumlah fantastis ekspor Batik Indonesia ke luar negeri, secara tidak langsung menyatakan bahwa Batik Indonesia disukai oleh seluruh masyarakat dunia, tak terkecuali para tokoh dunia. Nelson Mandela, Barrack Obama, dan Vladimir Putin adalah segelintir tokoh dunia yang mencintai batik. Bahkan, sudah menjadi rahasia umum bahwa Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, menjadikan Batik Indonesia sebagai pakaian kesayangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *