Kudapan Sehat ala Indonesia

Saat ingin mencoba makanan sehat, hampir sebagian orang di Indonesia mengandalkan salad di dalam menu mereka. Bukan hanya itu, mereka akan mengurangi nasi dan menggantinya dengan mesh potato atau potato salad. Apa Anda juga seperti itu?

Sebenarnya, ada beberapa makanan Indonesia yang tidak kalah sehatnya dengan beragam salad yang sering Anda makan, bahkan harganya lebih murah dari pada seporsi salad yang biasanya mematok harga sekitar Rp 30 ribu ke atas. Kira-kira apa saja kudapan sehat asal Indonesia yang bisa Anda konsumsi? Berikut informasinya.

Gado-gado

Gado-gado bukan lagi makanan asing untuk orang Indonesia, khususnya yang tinggal di pulau Jawa. Makanan yang berbahan dasar sayur-sayuran rebus seperti kol, kangkong, bayam, daun papaya, kenikir, tauge, dan kacang panjang  ini disiram dengan kuah kacang. Dari komposisinya saja, gado-gado tidak kalah sehat dengan salad ala barat.

Jika Anda sedang dalam program diet, Anda bisa menyantap kudapan sehat ini secara langsung, namun jika ingin lebih kenyang mungkin Anda bisa request lontong atau nasi sebagai karbohidrat pendamping.

Karedok

Sebenarnya, Karedok tidak jauh berbeda dengan gado-gado pada umumnya. Tetapi, yang menjadi pembeda dari kudapan sehat ini adalah bahan-bahan sayuran yang digunakan untuk membuat Karedok sama sekali tidak dimasak kembali alias dalam keadaan mentah. Bagi Anda yang suka mengonsumsi raw food, mungkin kudapan ini bisa menjadi alternatif makanan Anda dengan versi low buget. Meski harganya murah, bukan berarti kandungan vitamin dan nutrisi makanan ini kalah dengan menu raw food pada umumnya.

Lalapan

Saat berkunjung ke rumah makan Sunda, mungkin Anda tidak asing lagi dengan beragam lalapan yang tersedia di sana. Tidak jauh berbeda dengan Karedok, biasanya lalapan dimakan secara mentah, bedanya kudapan sehat ini santap bersama dengan sambal terasi. Sayuran yang biasanya dijadikan lalapan antara lain ketimun, kol, kemangi, kenikir, daun singkong, terong hijau, selada, dan daun papaya.

Konsep kudapan sehat ini pun sama dengan raw food, namun yang membedakannya adalah lalapan pada umumnya bukanlah sayuran organic seperti kebanyakan menu raw food pada umumnya. Jadi, Anda tinggal memilih, mau yang sehat namun sedikit mahal atau sehat dengan budget minimal?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *