Kue langka Yang Hanya Bisa Ditemui di Indonesia

Di zaman modern saat ini sedikit sulit untuk menemukan jajanan tradisional Indonesia yang dulu sangat terkenal pada zamannya. Akan tetapi, saat ini jajanan tersebut masuk ke dalam makanan yang sulit untuk dicari. Selain pedagangnya sudah jarang, minat masyarakat terhadap kue tersebut pun semakin berkurang. Padahal, rasanya ini tidak kalah dengan kue-kue yang laris saat ini. BerikutĀ makanan khas Indonesia berupa kue langka yang hanya bisa Anda temui di Indonesia.

Geplak

Mungkin banyak yang tidak tahu jika suku Betawi memiliki kue khasnya sendiri, yaitu Geplak. Kue yang terbuat dari bahan tepung beras dan gula aren ini sangat nikmat disantap bersama dengan secangkir kopi dan segelas teh hangat. Bila Anda menyukai makanan manis, sudah pasti Anda menyukai kue langka ini. Perpaduan rasa manis dan gurihnya kelapa menjadi perpaduan pas untuk kue ini. Namun, untuk Anda yang tidak terlalu suka makanan manis atau mengidap penyakit gula darah, ada baiknya Anda tidak sering mengonsumsi kue ini.

Kue rangi

Menjadi kue khas Betawi lainnya, kue Rangi sangat nikmat disantap saat sore hari. Kue langka ini memiliki kemiripan dengan kue pancong atau bandros, bedanya kue rangi lebih tipis dan renyah saat dimakan. Untuk membuat makanan ini tidak terlalu sulit, cukup campurkan tepung kanji dan kelapa parut. Selanjutnya, panggang adonan sebentar hingga mengering. Tringg, kue rangi Anda sudah jadi! Jangan lupa tambahkan larutan gula merah yang dikentalkan sebagai selai pendamping.

Clorot

Saat Anda berkunjung ke Yogyakarta, mungkin Anda akan menemukan kue Clorot. Kue yang dibungkus dengan daun kelapa menyerupai terompet ini memiliki rasa yang manis. Kue langka ini sepertinya cocok dimakan saat sarapan bersama dengan segelas kopi atau saat hujan ditemani dengan wedang jahe.

Endog Gludug

Endog Gludug memiliki arti sebagai telur bergemuruh. Kue langka yang memiliki nama unik ini berasal dari daerah Yogyakarta. Kue ini pun memiliki nama lain yaitu pia telur gajah atau pia telur penyu. Bahan utama untuk membuat kue langka ini hanya tepung terigu dan gula merah, selajutnya dibakar di dalam tungku panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *