Motif Batik Populer Nusantara

Berhasil bertahan hingga lebih dari 1.000 tahu, motif Batik telah berkembang hingga menghasilkan banyak pilihan. Bahkan, di setiap daerah memiliki motif khasnya tersendiri, mulai dari Batik Keraton, Batik Petani, Hingga Batik Kawung. Tapi, dari puluhan motif yang ada, 3di bawah ini merupakan yang paling populer di Indonesia. Mau tahu selanjutnya? Simak informasinya berikut ini.

Motif Keraton

Sesuai dengan namanya, motif Batik Keraton sangat eksklusif. Pada zaman dahulu, hanya Sultan dan keluarganya yang boleh memakai motif  ini, karena langsung dikerjakan oleh putri-putri di lingkungan Keraton. Namun, lambat laun akhirnya peraturan tersebut dicabut dan menyebabkan rakyat biasa diperbolehkan mengenakan motif yang satu ini.

Ciri dari motif Batik Keraton adalah motif bunga yang simetris atau burung dengan perpaduan warna coklat, hitam, dan putih sehingga terlihat simple, tapi tetap terkesan mewah. Oleh sebab itu, tak jarang motif ini menjadi motif yang paling banyak digunakan oleh masyarakat baik lokal mau pun asing.

Motif Parang

Solo di kenal sebagai salah satu kota Batik dengan beragam motif yang terus di produksi secara turun menurun. Tapi, dari sekian banyak motif Batik yang ada di Solo, motif Parang menjadi salah satu yang paling populer sekaligus Batik tertua yang ada sejak zaman Mataram Kartasura. Nama Parang berasal dari kata Pereng yang berarti lereng. Pereng ini pun di gambarkan sebagai garis lurus secara diagonal dengan susunan motif S menjalin yang tidak terputus.

Motif Megamendung

Berasal dari tanah Cirebon, motif Mega Mendung menduduki posisi kedua sebagai motif Batik paling populer di Indonesia. Bahkan, karena hanya ada di Cirebon, Departemen Kebudayaan dan pariwisata Indonesia akan mendaftarkan motif Megamendung sebagai salah satu warisan dunia di UNESCO.

Motif Batik Megamendung menggambarkan sekumpulan awan di langit cerah Megamendung. Pilihan warna biru juga melambangkan warna langit yang luas, bersahabat, dan ketenangan. Kesan inilah yang membuat Batik Megamendung cocok digunakan oleh semua umur, baik laki-laki mau pun perempuan.

Itulah beberapa motif batik Indonesia yang indah dan banyak disukai oleh masyarakat. Simak juga ulasan mengenai batik lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *