Pola Makan Yang Baik Untuk Orang tua

pola makan sehatSaat mulai memasuki masa tua, Anda harus lebih memperhatikan asupan gizi, nutrisi, dan pola makan. Hal ini di sebabkan, semakin tua tubuh Anda maka akan semakin renta dan sedikit rewel. Oleh sebab itu, Anda harus lebih konsentrasi menjaga kesehatan Anda. Simak bagaimana cara pola makan yang baik untuk para orang tua berikut ini.

1. Mengurangi porsi makanan

Seiring bertambahnya umur seseorang, maka jumlah energi yang dibutuhkan akan mengalami penurunan. Oleh karena itu, sangatlah perlu mengatur pola makan mereka dengan mengurangi porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh agar lebih seimbang. Porsi makan yang banyak dengan pegerakan tubuh yang tidak seimbang akan berakibat buruk untuk kesehatan Anda.

2. Memilih makanan yang lunak

Dengan bertambahnya umur, bukan hanya tubuh Anda yang menua, organ-organ tubuh yang Anda miliki pun ikut menua. Untuk mengimbangi masalah ini, sebaiknya para orang tua menyesuaikan pola makan mereka dengan mengonsumsi makanan-makanan lunak. Hal ini untuk memudahkan organ pencernaan Anda memproses makanan tersebut, karena makanan lunak akan lebih cepat dicerna dibandingkan makanan yang lebih padat.

3. Berikan asupan suplemen untuk tubuh Anda

Saat tubuh masih fit, Anda memerlukan bayak vitamin dan suplemen untuk menunjang kesehatan tubuh. Apa lagi saat sudah memasuki usia senja? Memasuki usia non-produktif membuat tubuh membutuhkan lebih banyak asupan suplemen dan nutrisi. Meski pola makan Anda sudah benar, tentu saja kandungan vitamin dan makann di dalam makanan Anda belum mencukupi, karenanya peran suplemen tambahan sangat dibutuhkan.

4. Perbanyak minum air putih

Semakin menua, rasa haus yang dirasakan seseorang akan menurun. Padahal, mereka lebih banyak mengonsumsi obat-obatan penunjang kesehatan mereka. Tanpa meminum banyak air putih, maka kerja ginjal di dalam tubuh akan dua kali lipat. Tentu saja ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh sebab itu, pastikan mengonsumsi 2 liter air putuh setiap harinya, kurangi mengonsumsi kopi dan minuman mengandung kafein demi menjaga kesehatan tubuh.

Itulah beberapa pola sehat yang harus Anda perhatikan ketika memasuki usia senja. Meski Anda masih pada usia produktif, mungkin Anda bisa memberikan tips ini kepada orantua dan keluarga Anda yang lain. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *