Ragam Soto Nusantara Paling Nikmat

ragam soto nusantaraSoto menjadi salah satu kuliner Indonesia yang paling melegenda dan diminati oleh semua orang. Hampir setiap daerah di pelosok nusantara memiliki ragam soto nusantara sendiri. Sebagai orang yang mencitai kuliner Indonesia, tentu saja Anda harus mencicipi setiap soto yang ada di Indonesia. Sebagai panduan Anda, berikut ini ada beberapa jenis soto khas Indonesia paling nikmat dan wajib untuk Anda coba. Yuk, simak informasinya di sini.

1. Soto Kudus

Seperti namanya, soto ini berasal dari daerah Kudus. Isian dari soto kuah ini umumnya adalah tauge dan irisan kol. Tetapi, tidak jarang ada orang yang menambahkan daging ayam, daging sapi, bahkan daging kerbau ke dalamnya. Rasa dari soto Kudus ini adalah manis dan juga gurih. Selain perpaduan rasanya yang unik, penyajuan soto Kudus pun bisa terbilang sangat khas, yaitu dengan menggunakan mangkuk kecil yang dilengkapi dengan irisan ayam goreng, seledri, bawang goreng, irisan bawang putih goreng, dan sayuran.

2. Soto Lamongan

Soto Lamongan merupakan satu-satunya soto dengan bumbu koya sebagai bumbu wajibnya. Koya sendiri merupakan bubuk girh yang terbuat dari sampuran udang dan bawang. Selain menggunakan koya, ciri khas lain dari ragam soto nusantara ialah terletak pada penggunaan ayam kampung sebagai bahan pembuatan kaldu soto. Soto asal Jawa Timur ini termasuk ke dalam soto dengan rasa cukup ringan untuk di santap, karena kuahnya bening dan tidak mengandung susu atau pun santan di dalamnya.

3. Soto Banjar

Selain pulau Jawa, Kalimantan juga memiliki soto unik yang tidak bisa Anda lewatkan, yaitu soto Banjar. Bahan utama pembuatan soto tersebut adalah ayam. Selanjutnya, bumbu yang digunakan pada soto ini tidak lain seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Selain ayam, bahan utama pembuatan soto Banjar adalah irisan perkedel kentang dan telur rebus. Untuk menyantapnya, Anda harus menambahkan irisan lontong dan ketupat khas Kalimantan.

4. Soto Betawi

Dari dua soto di atas, mungkin soto Betawi adalah soto paling populer di Indonesia. Soto dengan kuah santan ini berisikan irisan daging sapi, paru, usus, babat, emping, tomat, hingga acar mentimun. Walau soto Betawi termasuk berat, kenikmatan ketika menyantap kudapan yang satu ini tidak bisa dipungkiri, karena kandungan santan di dalam kuahnya lah yang membuat makanan ini menjadi gurih dan penuh cita rasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *