Sistem Perekonomian Yang Ada di Dunia

sistem perekonomianSistem perkonomian sudah ada sejak zaman dahulu. Waktu awal kemunculannya, sistem ini disebut sebagai sistem ekonomi tradisional. Seiring perkembangan zaman, terjadi beberapa perubahan dan kemajuan pada hal ini. Tidak hanya itu, kemajuan teknologi dan informasi pun memperngaruhi perkembangannya. Hingga saat ini, beberapa negara di dunia telah menerapkan beragam sistem perekonimian yang berbeda-beda. Berikut beberapa sistem yang ada saat ini.

1. Sistem Sosialis

Apa Anda pernah mendengar kata komunis? Komunis ini sebenarnya adalah sebuh paham yang beranggapan bawah semua barang harus menjadi milik bersama. Tujuannya adalah untuk menghapus sistem buruh-pemilik modal seperti pada sistem kapitalis. Sistem ini juga lebih dikenal sebagai sistem perekonomian sosialis. Pada sistem kapitalis, segala macam kegiatan ekonomi berpusat di pemerintahan. Segala kegiatan ekonomi masyarakat diatur oleh pusat, bahkan hingga hak milik pribadi seseorang. Mungkin, sistem sosialis mampu menghapus kesenjangan antara si kaya dan si miskisn, tetapi penduduk di negara ini tidak dapat bebas menggunakan sumber daya alam. Sehingga, kehidupan mereka akan sedikit terkekang dan dibatasi oleh pemerintah.

2. Sistem Ekonomi Liberal

Menjadi kebalikan dari dua sistem sebelumnya, sistem perekonomian ini pemerintah membebaskan segala macam bentuk kegiatan berekonomi yang dilakukan oleh rakyatnya. Semua orang di negara yang menganut sistem ini mendapat hak yang sama untuk melakukan berbagai aktivitas juga berkreativitas. Intinya, rakyat bebas berbuat apa saja, mulai dari kebebasan memilih bidang usaha higga alat-alat produksi. Tetapi, dengana adanya kebebasan ini, maka akan muncul kelompok-kelompok yang lebih dominan dan kelompok yang lemah. Sehingga, kesenjangan di antara kedua kubu ini akan sangat terasa.

3.Sistem Ekonomi Campuran

Seperti namanya, sistem perekonomian campuran merupakan kombinasi dari dua sistem perekonomian sebelumnya. Sistem campuran membebaskan rakyat untuk memilih hak dan berkreativiats, namun pemerintah juga berperan dalam mengatur jalannya kegiatan ekonomi negara. Tujuan dari mengombinasikan keduanya ialah untuk mengurangi dna menghilangkan berbagai kelemahan dari kedua sistem perekonomian itu sendiri. Dengan menggabungkan kedua, maka akan menciptakan perpaduan yang saling melengkapi, antara sistem sosial dan komunis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *