4 Rocker Lady Yang Suaranya Keren Banget

lady rockerIndustri musik tanah air dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Jika beberapa tahun ke belakang musik dalam negeri diramaikan dengan grup band, girl band, dan boyband, lain halnya dengan musik 80-90an yang didominasi oleh musik-musik rock. Salah satu yang mencuri perhatian adalah kemunculan lady rocker-lady rocker yang selain memiliki paras cantik, suara mereka pun kerap melengking ketika menyanyikan beberapa hits yang mereka bawakan.

1. Nicky Astria

Nama Nicky Astria mulai melejit di industri musik rock dalam negeri setelah merilis album Jarum Neraka. Lady rocker cantik kelahiran 18 Oktober 1967 ini selalu sukses membawakan lagu-lagu yang mengantarkannya menjadi pemenang beberapa penghargaan musik di masanya. Lagu-lagu hitsnya antara lain: Uang, Mengapa, Samar Bayangan, Kau, dan masih banyak lagi.

2. Nike Ardilla

Mojang Bandung pemilik nama lengkap Raden Rara Nike Ratnadilla kelahiran 27 Desember 1975 ini merupakan lady rocker yang sukses mencapai puncak karir di umur yang masih muda. Di usia 14 tahun, ia sudah menelurkan album berjudul Bintang Kehidupan yang sudah terjual sekitar 2 juta copy. Selain sebagai seorang penyanyi, Nike Ardilla pun sempat bermain dalam sejumlah film dan sinetron. Sayang, di tengah puncak karirnya, ia meninggal karena sebuah kecelakaan di usia 19 tahun.

3. Poppy Mercury

Gadis berparas cantik kelahiran 15 November 1972 ini merupakan salah satu lady rocker kebanggaan tanah air Indonesia yang memiliki suara merdu. Sama seperti Nike Ardilla, Poppy pun meninggal di usia muda (22 tahun) namun karena penyakit radang tenggorokan. Lagu-lagu yang pernah dibawakannya antara lain: Antara Jakarta dan Penang, Terlambat Sudah, Badai Asmara, Surat Undangan, Terlalu Pagi, dan sebagainya.

4. Anggun C. Sasmi

Bagi pecinta musik tanah air, nama Anggun C. Sasmi sudah melekat dalam hati sebagai penyanyi yang sukses menjadi lady rocker selanjutnya. Perempuan berkulit eksotis kelahiran 29 April 1974 ini banyak menyanyikan lagu-lagu hits yang selalu sukses di pasaran. Tak hanya di Indonesia, nama Anggun pun sudah terkenal di kancah musik internasional. Lagu-lagunya yang terkenal antara lain: Tua-tua Keladi, Snow on Sahara, Mantra, dan sebagainya.

 

5 Band Keren Dengan Vokalis Perempuan

vokalis perempuanKalo ngebahas band, rasanya nggak lengkap kalo nggak ngebahas vokalisnya nggak, sih? Ternyata ada banyak band dunia yang terkenal dan memiliki vokalis perempuan dengan karakter suara yang kuat. Mau tahu band apa aja yang masuk dalam daftar ini? Simak aja yuk!

1. Evanescence

Band asal Amerika ini dibentuk oleh Amy Lee (vokalis perempuan) dan Ben Moody (gitaris) pada tahun 1995. Setelah berjuang sebagai band indie, Evanescence merilis album pertama mereka yang berjudul Fallen di tahun 2003. Evanescence sendiri terkenal berkat lagunya Bring Me to Life. Lagu ini pun sempat menjadi soundtrack film Daredevil. Sayangnya, pada tahun 2012 lalu, grup ini memutuskan untuk bubar.

2. Paramore

Siapa sih yang nggak tahu sama band yang satu ini? Paramore, band yang terbentuk tahun 2004 ini mengusung vokalis perempuan, yaitu Hayley Williams. Band ini hanya terdiri dari tiga personil ini terkenal dengan lagunya yang berjudul Let the Flames Begins dalam album kedua mereka, Riot!.

3. No Doubt

Siapa sangka, Gwen Stefani memulai karirnya sebagai penyanyi dengan menjadi vokalis untuk band beraliran ska punk bernama No Doubt sejak tahun 1995. Dengan lagu Don’t Speak, mereka berhasil merajai tangga lagu Billboard Hot 100 Airplay selama 16 minggu berturut-turut. Band ini sempat bubar dua kali, pertama di 2008, dan kedua pada tahun 2012. Namun, tahun 2014 lalu, No Doubt kembali berkumpul dan tengah dalam penggarapan sebuah proyek lagu.

4. The Corrs

Band selanjutnya berasal dari Irlandia, The Corrs yang dibentuk tahun 1990. Band yang mengusung Andrea Corr sebagai vokalis perempuan ini memiliki aliran musik rock dengan campuran musik tradisional khas Celtic. The Corrs sendiri beranggotakan Corr bersaudara, yakni Andrea, Sharon, Caroline, dan Jim. Sayangnya, pada 2005, band ini memutuskan untuk bubar.

5. The Cranberries

Band asal dari Irlandia ini dibentuk tahun 1990. Sempat vakum pada 2003, sang vokalis perempuan Dolores dan kawan-kawan kembali hadir tahun 2009. Lagu andalannya yang berjudul Zombie seakan menjadi ikon yang menyuarakan gerakan anti-perang. Namun sangat disayangkan, sang vokalis Dolores ditemukan meninggal di dalam kamar hotelnya pada Januari 2018 lalu.

 

5 Penyanyi Dunia Dengan Vokal Unik

vokal unikSetiap musisi tentunya berharap karyanya bisa dinikmati dan dikenal para penikmat musik di dunia. Makanya, nggak heran kalau seorang penyanyi berusaha nampilin suara yang mengesankan dan indah bagi para pendengarnya. Beruntunglah mereka yang memiliki suara khas dalam bernyanyi. Nah, kali ini kita bakal kasih ngasih deretan musisi terkenal yang punya vokal unik dan bikin telinga lo nagih buat mendengarkan lagu-lagu mereka. Mau tau siapa aja? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Freddie Mercury

Penyanyu dunia dengan vokal unik yang pertama jatuh pada vokalis dari band kenamaan Queen. Awalnya, banyak yang nyangka bahwa Mercury punya jangkauan suara empat oktaf. Ternyata, para ilmuwan nemuin bukti bahwa penyanyi ini memiliki kemampuan modulasi suara yang tinggi. Mercury yang punya kemampuan melantunkan nada begitu halus di satu waktu dan kasar di waktu lain bikin para ilmuwan nyimpulin hubungannya dengan frekuensi vibrato Mercury yang beberapa derajat lebih tinggi dibanding penyanyi klasik terlatih, lho!

2. Michael Jackson

Karena memiliki vokal unik, nggak sedikit banyak orang yang meniru Michael Jackson. Gimmick vokalnya yang kayak cegukan dan gumaman yang bagus bikin suara Raja Pop ini enggak pernah tergantikan. Ditambah, Jackson punya kemampuan mainin emosi mulai dari lagu yang nge-beat hingga yang sedih sekali pun. Dia juga punya kemampuan menyanyikan ritme staccato (“Smooth Criminal”) dan legato dalam waktu yang tepat.

3. Kurt Cobain

Kurt Donald Cobain adalah musisi yang pernah hidup di masa keemasan musik alternative di era 1990-an. Bisa dibilang, dia bersama Nirvana berandil dalam mengubah dunia musik global, dari musik rock yang awalnya banyak dihiasi lagu-lagu cinta jadi musik rock yang “jantan”. Kesuksesan Nirvana enggak terlepas dari Cobain yang punya vokal unik. Hal itu yang bikin Norvana bisa disamakan dengan band-band alternative lainnya. Suara vokalnya enggak dibuat-buat. Keunikannya terletak pada teriakannya yang serak-serak merdu.

4. Adele

Kehadiran Adele dalam dunia hiburan pun seakan menyihir banyak orang dengan lirik melankolis serta vokal unik yang dimilikinya. Makanya, enggak mengherankan kalau dia dapat berbagai penghargaan dalam kariernya, termasuk Piala Oscar pada 2013. Hal itu juga bikin Adele termasuk salah satu penyanyi dengan bayaran termahal di dunia.

5. John Lennon

Karakter suara pelan dan kadang memekik itu telah ngehias setiap lagu The Beatles. Bahkan, karakter vokal unik dan penciptaan lagunya jadi inspirasi para musisi di dunia. Suara yang terdengar santai dan bisa dinikmati segala usia ini bikin kesan kuno pada musiknya hilang.

Ini Dia 5 Penyanyi Wanita Dengan Bayaran Fantastis

bayaran fantastisDunia artis memang dekat dengan gaya hidup yang glamor. Banyak penyanyi papan atas yang bisa menghasilkan uang ratusan juta sekali tampil. Tapi pernah nggak sih, kamu bertanya-tanya, berapa sih bayaran yang diterima oleh para artis ini sekali tampil di panggung? Ini dia 5 penyanyi wanita dengan bayaran fantastis!

1. Agnez Mo

Penyanyi wanita yang memiliki tarif fantastis yang pertama adalah Agnez Mo. Agnez Monica punya banyak prestasi gemilang yang mengiringi karirnya sebagai artis Indonesia. Ia pun bahkan sudah merambah dunia internasional. Nggak nanggung- nanggung, Agnez bahkan menggandeng Rapper Amerika, Timbaland dan T.I. Dirinya dibayar dengan nominal 140 juta untuk menyanyikan 2 hingga 3 lagu saja serta dibayar sekitar 85 hingga 150 juta untuk penampilan off air dengan durasi 30 – 45 menit.

2. Syahrini

Syahrini pernah menjadi opening act pada pagelaran konser Air Supply yang telah berlangsung pada 3 Desember 2016 lalu. Si cantik yang selalu tampil dengan segala kemewahannya ini juga punya bayaran fantastis. Bayangin aja, sekali tampil, ia bisa mendapatkan bayaran hingga 250 juta. Belum lagi pendapatan yang diterimanya dari berbagai bisnis yang sedang digeluti. Nggak heran, ya, kalo Syahrini selalu tampil mewah!

3. Inul Daratista

Penyanyi dangdut yang terkenal akan Goyang Ngebor tersebut bisa mengantongi uang 100 hingga 300 juta untuk 10 lagu yang nyanyikan. Sebuah bayaran fantastis, mengingat bahwa hal tersebut sangat pantas jika mengingat perjuangan Inul yang memulai karirnya dari bawah.

4. Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting masuk ke dalam 3 kategori pada ajang Anugerah Dangdut Indonesia 2016. Selain Inul, ada juga Ayu sebagai penerima honor tinggi kategori penyanyi dangdut. Bahkan kabarnya, honor Ayu kini bisa melebihi para seniornya. Apalagi dalam event seperti tahun baru, ia bisa meraup bayaran fantastis mencapai 300 juta Rupiah dalam semalam saja.

5. Rossa

Rossa merupakan Brand Ambassador dari produk perawatan kulit yang memanfaatkan ekstrak dari tumbuhan alami sebagai bahan dasar untuk produk perawatan kulit. Salah satu Diva Indonesia yang satu ini pantas saja jika mendapat bayaran yang fantastis dari kemampuannya bernyanyi. Selain punya suara merdu, lagu-lagu Rossa juga selalu nikmat di telinga. Ia bahkan disebut telah mengalahkan sang diva Indonesia, Krisdayanti dalam hal vokal maupun bayaran. Honor Rossa memang masih di bawah Agnez Mo, namun menyambut malam pergantian tahun 2011 lalu, ia berhasil menembus rekor bayaran fantastis dengan dibayar 500 juta selama kurang lebih satu jam di atas panggung.

Penyanyi Pendatang Baru Yang Lagi Booming Banget

pendatang baruBanyak penyanyi pendatang baru yang siap menyemarakkan belantika musik pada tahun 2018 ini. Karya yang mereka hadirkan pun diprediksi bakal sukses mengingat positifnya respons penikmat musik dalam negeri. Mau tau siapa aja? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Camila Cabello

Berpisah dari girl band Fifth Harmony pada tahun 2015 tak membuat penyanyi Camila Cabello kehilangan nama. Perempuan muda tersebut bahkan bisa membuktikan bahwa kemampuannya di industri musik tak layak diremehkan. Ia menggandeng sejumlah nama di solo kariernya, diantaranya adalah Young Thug melalui single berjudul Havana. Melalui lagu tersebut, penikmat musik cukup memberikan perhatian pada Camila Cabello.

2. Cardi B

Yes, pendatang baru di belantika music selanjutnya adalah Cardi B. Perempuan bernama lahir Belcalis Almanzar ini mengawali karier sebagai seorang penyanyi pada awal 2017. Tepat Februari di tahun tersebut, ia menandatangani kontrak rekaman major label pertamanya dan memulai debut dengan karya bertajuk Bodak Yellow. Debut pertamanya tersebut menuai banyak pujian. Prestasi Cardi B layak dipertahankan sampai 2018 ini. Belum genap satu tahun berkecimpung di industri musik, ia telah masuk nominasi untuk Best New Artist dan Best Female Hip Hop Artist 2017’s BET Awards.

3. Alessia Cara

Kalau penyanyi baru yang satu ini, sudah menjadi bagian dari karya yang sayang untuk dilewatkan. Debutnya dengan single Here pada tahun 2014 hingga 1-800-273-8255 pada 2017, dara berusia 21 tahun ini bisa terbilang sukses besar. Karya-karya Cara kerap masuk Billboard Hot 100 chart. Setidaknya ia mampu bertahan di angka 10 besar di beberapa lagu yang telah diperkenalkannya.

4. Kali Uchis

Debut albun Kali Uchis, Isolation, disebut sebagai album yang mengagumkan oleh Rolling Stone.  Nggak heran kalo Uchis disebut sebagai pendatang yang cukup fenomenal. Selain dikenal sebagai penyanyi, Kali Uchis juga dikenal sebagai penulis lagu, penulis puisi, produser rekaman, sutradara video klip, dan perancang busana yang sempat masuk nominasi latin Grammy 2017 untuk kategori rekaman terbaik dan juga Grammy Award tahun ini untuk penampilan R&B terbaik bersama Daniel Caesar di lagu Get You.

5. Princess Nokia

Musisi pendatang baru ini namanya memang unik, ya! Destiny Nicole Frasqueri adalah Princess Nokia yang dikenal sebagai rapper wanita yang sangat vokal mendukung feminisme. Debut albumnya, 1992 Deluxe, disambut antusias penggemar hip-hop, terutama lagu-lagu yang bertema pemberontakan seperti Tomboy dan G.O.A.T.

Nah, itu dia beberapa musisi pendatang baru dari luar negeri yang diprediksi akan bersinar banget di tahun 2018!

 

Penyanyi Solo Wanita Yang Wajib Kamu Tau

penyanyi soloSiapakah penyanyi solo wanita yang lagi nge-hits saat ini? Jika mengikuti perkembangan musik di tanah air, kamu pasti tahu nama-nama penyanyi solo perempuan yang sedang jadi favorit, kan?

1. Raisa Andriana

Penyanyi solo yang akrab dipanggil dengan sebutan Yaya ini udah nggak perlu diragukan lagi kemampuan vokalnya. Genre musik yang dibawakan oleh Raisa adalah pop dengan sentuhan RnB yang begitu kental. Kepopulerannya makin melesat ketika ia diaundang untuk tampil dalam event Java Jazz Festival di tahun 2011. Raisa merupakan penyanyi berprestasi di negeri ini dan hal itu dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang pernah diraihnya lewat Anugerah Musik Indonesia, Dahsyatnya Award, dan Anugerah Planet Muzik.

2. Isyana Sarasvati

Penyanyi solo berikutnya ini dikenal dengan panggilan akrab Isyan. Ia sudah memiliki benih-benih bermusik sejak kecil. Tak hanya bernyanyi, ia juga mahir memainkan beberapa alat musik seperti piano, flute, saxophone, biola dan electone. Beberapa penghargaan baik nasional maupun intenasional yang diraihnya semakin menegaskan Isyana Sarasvati sebagai penyanyi Indonesia yang tak hanya terkenal, tapi juga berprestasi.

3. Agnez Mo

Siapa yang nggak kenal penyanyi yang satu ini? Mantan penyanyi cilik ini sudah memulai karirnya sejak masih kanak-kanak. Selain bermusik, Agnez Mo juga sempat membintangi beberapa judul sinetron, salah satunya adalah “Pernikahan Dini”. Di atas panggung, ia mampu membawakan lagu dengan koreografi yang energik untuk lagu-lagu dengan tempo cepat.

4. Syahrini

Perempuan yang menghabiskan masa kecilnya di Sukabumi ini penuh dengan sensasi dan banyak menuai kontroversi. Syahrini, sang penyanyi solo yang terkenal dengan istilah-istilah anehnya seperti “cetar membahana”, “sesuatu”, “Alhamdulillah yah”, “perempuan manja”, dan lainnya. Meski demikian, ia mampu mencuatkan single lagu yang akhirnya populer di masyarakat. Sebut saja, lagu single Syahrini seperti “Sesuatu”, “Aku Tak Biasa”, “Cetar”, dan “Sandiwara Cinta”.

5. Andien

Andien adalah seorang penyanyi dengan aliran musik jazz yang sangat kental. Ia memulai kariernya di industri musik tanah air sejak ia masih sangat muda, dengan album pertamanya berjudul “Bisikan Hati” yang dirilis pada tahun 2000. Debut album pertama Andien tersebut mendapat sambutan hangat dari penggemar musik tanah air. Alunan merdu suara Andien yang jazzy  membuatnya mendapat beberapa penghargaan musik, salah satunya dari AMI Awards.