Tips Sukses Menjalankan Social Entrepreneur

Saat ini, Indonesia mulai mengembangkan wirausaha berbasis sosial. Meski sedikit tertinggal dibandingkan negara lain, Indonesia termasuk sukses mengadaptasi jenis usaha ini. Bahkan, sebagian besar para wirausaha sosial adalah anak muda Indonesia yang penuh ide cemerlang dan kreatif. Usaha yang para anak muda jalani ini pun terbilang cukup sukses, mulai dari bisnis kuliner hingga bisnis fashion. Nah, untuk menjalankan social entrepreneur agar sukses, Anda bisa mengikuti tips sukses di bawah ini.  

Selalu tulis ide dan rencana Anda

Sama seperti pada bisnis pada umumnya, menjalankan social entrepreneur mewajibkan Anda untuk memiliki rencana bisnis. Oleh sebab itu, jangan buat rencana dan ide brilian yang Anda miliki hanya di dalam angan saja, pastikan Anda selalu menulis ide dan rencana Anda untuk berbinis. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan ide-ide tersebut saat dibutuhkan.

Tingkatkan kepemimpinan dan keterampilan

Dengan memilih menjadi seorang pengusaha, maka Anda harus siap untuk mendapatkan pesaing dari sesama pebisnis lain. Untuk menghadapi situasi ini, Anda harus meningkatkan kepemimpinan Anda demi kebaikan dan kesuksesan menjalankan social entrepreneur. Selain itu, jangan pernah lupa untuk terus meningkatkan keterampilan, baik untuk Anda selaku pemilik usaha, maupun karyawan yang membantu Anda menjalankan bisnis ini. Dengan begitu, perusahaan Anda akan mampu bersaing dengan wirausaha sosial lainnya.

Fokus pada costumer experience

Pada dasarnya, setiap perusahaan memiliki tiga jenis pelanggan berbeda yang memenuhi kebutuhannya. Pertama orang yang bertujuan untuk membantu, kedua orang yang memang ingin membeli produk Anda, ketiga adalah pembeli yang tahu apa yang mereka inginkan. Nah, untuk menjalankan social entrepreneurl dengan lancar, Anda harus memperhatikan setiap kebutuhan masing-masing ketiga konsumen ini. Dengan begitu, Anda akan bisa mempertahankan pelanggan secara maksimal.

Ciptakan tim yang solid

Untuk menjalankan wirausaha yang sukses Anda membutuhkan tim yang kuat dan solid. Keterampilan kerja memang penting, namun tanpa dibarengi dengan tim yang solid, wirausaha Anda hanya akan berjalan ditempat. Untuk itu, pastikan Anda selalu menjaga kekompakan tim Anda demi menjalankan social entrepreneur.

Demikianlah beberapa cara menjalankan social entrepreneur untuk mencapai kesuksesan. Mungkin Anda memiliki cara tersendiri demi mencapai kesuksesan, namun beberapa hal di atas diambil secara garis besar. Jadi, mengikuti atau tidak keempat trik di atas, bukan berarti usaha Anda tidak akan sukses. Oleh karena itu, tetap semangat dalam menjalankan usaha sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *