Yuk, Cicipi Masakan Tahu Terkenal di Indonesia!

Image result for tahu gejrotSiapa sih yang tidak kenal dengan Tahu? Makanan dari Indonesia yang kaya akan protein ini mudah Anda temukan di Indonesia. Saking mudah dan banyak, Anda sudah tidak asing jika menemukan tahu di dalam masakan Anda. Contohnya saja pada Gado-gado, Ketoprak, Semur, hingga Siomay. Anda tidak menyadarinya bukan? Nah, ada juga beberapa masakan tahu terkenal yang harus Anda cicipi besok. Daftarnya akan dijelaskan di artikel ini. Yuk, simak artikelnya!

Tahu Gejrot

Ini menjadi salah satu masakan tahu paling populer di Indonesia, yaitu Tahu Gejrot. Masakan khas kota Cirebon ini memiliki rasa yang unik. Perpaduan rasa manis dari kuah gula, tahu super gurih, rasa pedas dari gerusan cabai, bawang merah, dan bawang putih menjadi perpaduan yang sangat sempurna. Bila Anda belum pernah mencicipinya, mungkin Anda bisa menemukan jajanan ini di pinggir jalan atau Anda bisa langsung datang ke mengunjungi Cirebon. Intinya, Anda wajib mencicipi masakan tahu satu ini.

Tahu Tek

Nama Tahu Tek berasal dari bunyi gunting penjualnya yang berbunyi “tek..tek..tek”. Dari sini lah nama masakan tahu unik ini dibuat. Tahu ini terbuat dari tahu yang digoreng setengah matang, kemudian dipotong kecil-kecil. Nantinya, potongan tahu akan ditambahkan dengan lontong, kentang rebus, tauge, dan potongan Timun. Setelah itu, bumbu Petis yang telah dihaluskan bersama dengan kacang tanah dan bahan lainnya disiramkan di atas tahu. Rasanya? Tentu saja nikmat dan sangat bercitarasa.

Tahu Brintik

Tahu Brintik alias tahu crispy adalah masakan tahu yang potongan kecil-kecil, lalu diberi lapisan tepung renyah. Hasil gorengan lapisan tepung di tahu satu akan membalut tahu membentuk pola keriting-keriting kecil. Oleh karena itu, tahu Brintik dinamakan brintik atau dalam bahasa Jawa artinya keriting kecil.

Tahu Berontak

Masakan tahu ini dikenal dengan nama lain, yaitu Tahu Pletok. Nama ini bisa didapatkan karena saat kudapan ini digoreng, tahu tersebut akan menimbulkan suara seperti “pletok-pletok” akibat letupan minyak goreng. Makanan yang berasal dari Tegal ini akan lebih nikmat jika disantap dengan cocolan kecap pedas dan juga cabai rawit. Bila Anda suka pedas, maka harus mencoba kudapan yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *